Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Melihat Langsung Cara Bikin All New Kijang Innova Reborn

Editor - Senin, 23 November 2015 | 21:59 WIB
Pabrik Kijang Innova Reborn di KIIC Karawan, Jabar (23/11/2015)
Dok. Otomotifnet
Pabrik Kijang Innova Reborn di KIIC Karawan, Jabar (23/11/2015)

Karawang - Sesuai dengan kesepakatan dengan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kalau informasi menarik ini baru bisa ditayangkan mulai hari ini (24/11), akhirnya OTOMOTIFNET bisa berbagi bagaimana proses All New Kijang Innova dibuat. Pada penasaran kan?

All New Kijang Innova dibuat lokal di pabrik TMMIN di Karawang, tepatnya di Toyota Plant 1 di kawasan industri Karawang International Industry City (KIIC), Jawa Barat. Di pabrik berkapasitas produksi 130 ribu unit ini juga tempat Toyota Fortuner terbaru nantinya diproduksi.

Kesan pertama ketika masuk ke dalam fasilitas pabriknya; bersih dan rapih. Lini produksi TMMIN dibagi menjadi 6 tahap yaitu stamping (pengepresan), welding (pengelasan), painting (pengecatan), engine manufacturing (produksi mesin), assembling (perakitan) dan quality inspection (tes kualitas).                        
Tahap pertama All New Kijang Innova masuk proses stamping/pengepresan. Di proses ini, lembaran baja dicetak menjadi bagian bodi All New Kijang Innova seperti kerangka, kabin, deck, rangka chasis dan pintu.  

Tahap kedua berlanjut ke welding/pengelasan. Di proses ini, bagian the Legend Reborn hasil proses stamping dilakukan pengelasan sehingga menghasilkan satu bagian utuh. Untuk menjamin akurasi dan tingkat presisi yang tinggi, welding shop TMMIN dilengkapi oleh robot las. 

Setelah proses pengelasan, bodi All New Kijang Innova  akan memasuki painting shop untuk dilakukan proses pengecatan dengan proses Electo Deeping Coating (EDC) untuk menjamin kualitas anti karat serta proses pengisian celah supaya tidak terjadi kebocoran pada saat hujan ataupun banjir. 

Setelah itu barulah dilakukan proses pengecatan primer dan top coat yang menggunakan robot untuk menjamin hasil pengecatan yang maksimal. Dari painting shop, kerangka bodi All New Kijang Innova dibawa ke assembling shop. 

Kerangka bodi utuh akan dirangkai dengan bagian mobil lainnya seperti frame, mesin, kursi, roda, lampu, kaca dan lainnya. dan pintu gerbang kualitas terakhir pada proses pembuatan mobil Toyota terletak di proses quality inspection (tes kualitas). 

Beberapa tes antara lain tes kecepatan, tes pengereman dan tes kebocoran harus dilalui oleh semua mobil Toyota sebelum dikirim ke konsumen. Pabrik TMMIN juga memiliki fasilitas test course/lintasan uji pacu sepanjang 1 km yang mensimulasikan kondisi jalan di Indonesia.

"Semua proses ini hanya memakan waktu 1,6 menit lho untuk membuat 1 unit All New Kijang Innova," ujar Nandi Julianto, Direktur Karawang Plant TMMIN yang baik hati dan turun langsung mendampingi sebagai 'tour guide'. (Bagja)

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa