Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ciaz! Reinkarnasi Era Sedan Suzuki Kembali Dimulai

Bagja - Selasa, 24 November 2015 | 21:23 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sudah lama kiprah sedan Suzuki di Tanah Air--mungkin hampir satu dekade setelah terakhir tahun 2007 Neo Baleno diluncurkan di Tanah Air--sejak itu seolah tenggelam. Namun, reinkarnasi era sedan Suzuki sudah dimulai kembali.

Kiprah sedan Suzuki di Tanah Air tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski para pesaing dari Honda juga Toyota begitu kuat citranya di pasar, sedan Suzuki tetap bisa eksis, meskipun pada akhirnya harus selalu terpinggirkan.

Dua model paling populer dimulai pada era 1990an saat Suzuki melahirkan Suzuki Esteem. Mengusung kapasitas mesin 1.300 cc dan 1.600 cc. Keunggulan dari Esteem adalah komponen yang mudah didapat serta minim perawatan. 

 
Suzuki Esteem

Untuk mesin berkapasitas 1.300 cc mengusung tipe G13B dengan konfigurasi 4 silinder SOHC 16 valve berteknologi SOHC. Nah, untuk model Esteem GT telah mengusung mesin berkapasitas 1.600 cc. Pastinya, varian yang terakhir disebutkan memang lebih bertenaga. 

Sayangnya, model Esteem tenggelam oleh kepopuleran Baleno. Label terakhir cukup bisa dikatakan sebagai legendaris era 90an. Sampai akhirnya model Baleno Next-G berkapasitas mesin 1.500 cc hadir di tahun 2003. Lalu kemudian ditutup oleh varian Neo Baleno di tahun 2007.

No caption
No credit
No caption
Baleno Generasi ini yang paling populer, bahkan sampai sekarang

Puncak kemerosotan kiprah sedan Suzuki sebenarnya terjadi pada model Baleno Nex-G. Model buritan yang terlalu tinggi dengan desain rear lamp yang tidak biasa di zamannya, membuat model generasi ini kurang populer ketimbang Baleno sebelumnya. Padahal, Baleno Next-G sudah dilengkapi rem ABS dan EBD. Teknologi juga lebih baik ketimbang kendaraan sejenis saat itu.

Merespon cibiran pasar soal desain Baleno Next-G, pada tahun 2004, Suzuki melengkapi body kit, foglamp dan head unit double DIN. Tak juga mengangkat nama dari Suzuki Baleno.

Suzuki Baleno Next-G

Sampai akhirnya tahun 2007, Neo Baleno hadir sebagai penerus di pasar sedan 1.500 cc. Tampilan di generasi ini terlihat lebih bongsor dari versi sebelumnya. Selain itu, model headlamp dan rearlamp juga dibuat lebih modern. Namun tetap masih tenggelam dengan New Vios dan New City.

Setelah itu, tahun 2010 sedan Suzuki 'Dipensiunkan' dengan memberhentikan produksi dan penjualan Baleno. Maka pada fase ini habis sudah era sedan Suzuki di Tanah Air.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa