Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Ringan Nyaman Nyetir di Musim Hujan

Otomotifnet - Kamis, 26 November 2015 | 17:24 WIB

Jakarta - Bagi Anda yang ingin nyaman berkendara saat musim hujan, tentunya harus memperhatikan sejumlah hal yang berkaitan dengan keselamatan pengemudi dan penumpang maupun mobil. Selain human error, cuaca juga menjadi penyebab timbulnya kecelakaan saat berkendara, misalnya jarak pandang yang terbatas akibat kabut asap atau hujan yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Nah, di saat musim hujan seperti sekarang, sebagai pengendara yang cerdas perlu memperhatikan beberapa aspek keselamatan dalam berkendara. Pertama, Anda bisa periksa lampu kendaraan agar dapat menjaga jarak pandang dengan baik. Penglihatan yang terganggu akibat hujan dapat menghalangi jarak pandang saat berkendara. Oleh karena itu, pastikan lampu tidak rusak dan dihidupkan walaupun di siang hari.

Berikutnya perhatikan genangan air ketika berkendara. Setelah hujan yang lebat dan panjang, genangan air akan menjadi rintangan dalam perjalanan. Untuk itu, jangan langsung diterobos karena selain dapat merugikan pengguna jalan lain. Anda juga tidak tahu seberapa dalam genangan air tersebut.

Selanjutnya, kurangi keceptaan kendaraan. Ketika kondisi hujan, biasanya jalanan akan ramai dengan pengguna jalan yang memacu kendaraannya dengan kencang agar sampai tujuan sebelum hujan semakin lebat. Akan lebih baik jika Anda tetap tenang demi menjaga keselamatan.

Pun begitu, agar lebih amannya, ada baiknya asuransikan kendaraan Anda. Salah satu produk asuransi yang bisa Anda andalkan adalah Garda Oto. “Pastikan kendaraan tercover oleh asuransi dan pastikan juga jenis perlindungannya apakah sudah termasuk resiko di musim hujan, seperti angin topan, badai, hujan es, banjir dan tanah longsor,” jelas Laurentius Iwan Pranoto, selaku PR & Event Manager Asuransi Astra.

Lanjutnya, jika kendaraan bermasalah dan merupakan pelanggan Garda Oto, silakan manfaatkan layanan Garda Akses di 1-500-112 dan Garda Siaga dari Asuransi Astra. “Manfaatkan promo Otocare di bulan November Install Otocare dan dapatkan diskon cuci mobil 25 persen plus free kuras nitrogen serta safety check di cabang 1Station dengan Garda Mobile Otocare,” tutupnya.• (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa