Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tes Pramusin Balap Superbike Dunia Sudah Dimulai di Jerez

Selasa, 24 November 2015 | 19:13 WIB

Jerez – Uji coba pramusim kejuaraan dunia superbike (WSBK) 2016 dimulai di sirkuit Jerez, Spanyol, Senin (23/11) diikuti tim juara dunia Kawasaki, tim formasi baru Althea BMW, Marco Melandri yang menggeber dan MV Agusta.

Tim juara dunia 2015 Kawasaki bersama kedua pembalapnya, Jonathan Rea (juara dunia 2015) dan Tom Sykes yang menduduki peringkat tiga, melanjutkan program tes musim dingin mereka.

Kawasaki menurunkan motor baru ZX-10R. Rea pernah berkomentar mengenai motor anyar itu. “Jika saya harus balapan besok, kami bisa,” kata Rea yang percaya diri pada motor anyar itu.

Namun yang menjadi pusat perhatian adalah tim Althea Racing dengan formasi baru. Jika tahun ini pakai motor Ducati, tahun depan tim bermarkas di Italia itu menggunakan BMW. Nama timnya jadi Althea BMW Racing Team.

Susunan pembalapnya pun baru, Jordi Torres (mantan pembalap tim Aprilia) dan Markus Reiterberger yang akan pertama kali menjalani kompetisi penuh di WSBK di 2016.

Di kubu MV Agusta Reparto Corse, mereka baru menggaet Marco Melandri. Pembalap asal Italia ini didepak dari tim Aprilia MotoGP di pertengahan musim ini.

Uji coba pramusim berlangsung mulai pukul 10 pagi waktu setempat, namun para pembalap baru mulai keluar satu jam kemudian hingga selesai pukul 6 sore.

Rea dan Sykes yang baru saja tampil di pameran motor ECIMA di Milan, Italia bersama pabrikan Kawasaki, menjalani uji coba dengan program mengevaluasi sokbreker depan, elektronik dan rem, termasuk simulasi lomba. Rea sudah menggunakan rem Nissin (biasanya Brembo) pada uji coba terakhir di Aragon.

Dari kubu Althea yang kali ini pakai motor BMW, mereka melakukan adaptasi dengan pembalap barunya, Jordi Torres dan Markus Reiterberger.

Sementara bagi MV Agusta Reparto Corse, ini pekan penting karena uji coba pertama sejak mulai berkolaborasi dengan Giovanni Cuzari dari perusahaan Forward Racing.

Tim menitikberatkan pada pengembangan girboks dan elektronik depan, meskipun penambahan paling signifikan adalah tangki bahan bakar yang sama sekali baru yang sangat mempengaruhi distribusi berat motor RR F4.

Ini tes pertama bagi pemenang 19 kali balap WSBK, Marco Melandri bersama MV Agusta, meskipun tidak ada catatan berapa waktu yang dihasilkan karena motor ini tidak dilengkapi transponder. Rekan setimnya, Leon Camier segera bergabung.

Tim lain akan menyusul melakukan uji coba di pekan ini di Jerez. (otomotifnet.com)

Hasil Uji Coba Senin (23/11)
1- Jonathan Rea / Kawasaki ZX-10R: 1’40.826 / 62 lap
2- Tom Sykes / Kawasaki ZX-10R: 1’40.899 / 60 lap
3- Markus Reiterberger/ BMW S1000 RR: 1’42.039 / 54 lap
4- Jordi Torres / BMW S1000 RR: 1’42.101 / 80 lap
- Marco Melandri / MV Agusta F4 RR / tidak ada data

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa