Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk Kenali Lebih Dalam Mesin Baru Ducati Testastretta DVT

Denta - Rabu, 25 November 2015 | 01:26 WIB

Jakarta - Pada ajang EICMA 2015 kemarin, selain merilis motor baru Ducati juga memperkenalkan mesin dengan teknologi terbaru. Mesin tersebut diberi nama Testastretta DVT (Desmodromic Variable Timing).

Mesin ini merupakan standar terbaru Ducati pada mesin berkonfigurasi dua silinder. Ducati mengklaim mesin baru ini memiliki power maksimum lebih baik, karakter lebih smooth, torsi besar, hemat BBM dan tentunya rendah emisi berstandar EURO 4.

Mesin Ducati Testastretta DVT memiliki konfigurasi L-twin silinder, 4-valve per silinder, dual spark alias memiliki busi dua tiap silinder dan sudah berpendingin cair. Dengan bore 106 mm dan stroke 67,9 mm, mesin ini memiliki kapasitas 1198 cc dengan rasio kompresi 12,5:1. Sistem bahan bakarnya sudah injeksi dengan full ride by wire elliptical throttle bodies.

Power maksimum yang dapat dihasilkan yaitu 160 hp di 9.500 rpm dan torsi maksimalnya 136 Nm di putaran 7.500 Nm.

Sekarang masuk ke teknologi Desmodromic Variable Timing (DVT). Teknologi ini berfungsi mengatur bukaan klep sesuai dengan putaran mesin yang diatur oleh alat yang bernama actuator.

Sistem DVT ini kerjanya yaitu integrasi antara camshaft, crankshaft dan ECU yang mengatur keluaran power, torsi, karakter mesin dan efisiensi bahan bakar. Ducati mengklaim pengecekan celah klep mesin Testastretta DVT ini dilakukan setiap 30.000 km, sedangkan perawatan berkalanya setiap 12.000 km.

Teknologi Desmodromic sendiri merupakan teknologi yang diciptakan untuk mengurangi gesekan di head silinder khususnya antara klep dengan camshaft. Jadi klep membuka dan menutup langsung dari camshaft tanpa menggunakan pelatuk dan per klep.

Fitur lain yang ada di mesin Ducati Testastretta DVT ini antara lain seperti anti-knock sensor, piston berkompresi tinggi, drive belt dan belt cover baru, pompa oli baru yang 70 persen lebih efisien dan pengembangan di sektor crankcase agar memiliki pelumasan lebih baik.

Oiya, motor Ducati yang menggunakan mesin Testastretta DVT ini antara lain seperti New Multistrada 1200, Monster 1200R, xDiavel dan lainnya. (motor.otomotifnet.com)

Editor : Denta

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa