Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hasil Lomba: Mercedes Menutup Musim 2015 dengan Sempurna

Minggu, 29 November 2015 | 23:38 WIB

Abu Dhabi – Juara dunia sudah digenggam Lewis Hamilton, posisi runner-up sudah jadi milik Nico Rosberg, tetapi kedua pembalap tim Merceds ini tetap menunjukkan pertarungan mencapai hasil sempurna pada ronde terakhir di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Minggu (29/11).

Sejak start, Nico Roseberg yang memulai lomba dari posisi terdepan terlibat pertarungan dengan Lewis Hamilton yang start dari urutan kedua.

Dalam lomba yang berlangsung selama 55 lap ini, Hamilton sempat memperpendek ketertinggalannya dari Rosberg di pertengah lomba. Ketika Hamilton kian dekat dengan memanfaatkan DRS, Nico masuk pit untuk kedua kalinya di lap 33.

Hamilton pun sementara berada di depan. Tetapi catatan waktu Rosberg lebih cepat 0,6 detik dari juara dunia 2015 itu. Rosberg berada 17 detik di belakang Hamilton yang berusaha memperlebar jarak untuk masuk ke pit berikutnya.

Melalui komunikasi radio, Hamilton sempat menanyakan kepada tim ban apa yang saat ini dipakai Rosberg. Di lap 40, jarak Hamilton dan Rosberg tinggal 14 detik.

Akhirnya di lap 43 Hamilton masuk pit keduanya. Ia memilih ban lembut, strategi yang sama dengan Rosberg. Balapan tinggal 10 lap lagi, jarak Hamilton 10 detik di belakang Rosberg. Lap 50 menjadi 7,5 detik.

Hingga finish di lap 55, Hamilton terpaut 8,2 detik dari Rosberg yang meraih kemenangan keenam musim ini. Lewat radio, Rosberg mengucapkan terima kasih kepada timnya atas hasil yang telah dicapai musim ini.

Tim Mercedes menutup musim 2015 dengan sempurna. Pembalapnya naik podium 1-2 dan bagi Rosberg ini kemenangan ketiga berturut-turut setelah GP Meksiko dan Brasil.

Sementara Hamilton menyatakan gembira dan angkat topi atas kerja tim yang hebat tahun ini.

“Kami memberi Lewis pilihan, ban apa yang akan digunakan untuk di perhentian (pit stop) terakhir,” kata Toto Wolff, bos tim Mercedes. Ia ingin memberi kesempatan Hamilton memenangkan lomba, namun kecepatannya tidak cukup untuk mencapai itu.

Podium ketiga diisi pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen yang mangku sulit mengalahkan kedua pembalap Mercedes itu. Rekan setimnya, Sebastian Vettel yang start dari posisi 15 finish tepat di belakangnya.

Sukses Vettel berkat permainan strategi pit stop. Setelah para pembalap menjalani pit stop pertama di lap belasan, Vettel terus melaju dan bertengger di urutan empat. Kemudian baru masuk pit di lap 24. Berarti Ferrari juga sukses menutup musim balap 2015. (otomotifnet.com)

Hasil Lomba
1. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes 55 laps 1hr 38m 30.175s
2. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes +8.2s
3. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +19.4s
4. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +43.7s
5. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +63.9s
6. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-Renault +65.0s
7. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes +93.6s
8. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +97.7s
9. Romain Grosjean FRA Lotus-Mercedes +98.2s
10. Daniil Kvyat RUS Red Bull-Renault

11. Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Renault
12. Max Verstappen NED Toro Rosso-Renault +1 lap
13. Jenson Button GBR McLaren-Honda +1 lap
14. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +1 lap
15. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +1 lap
16. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +1 lap
17. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +2 laps
18. Will Stevens GBR Manor-Ferrari +2 laps
19. Roberto Merhi ESP Manor-Ferrari +3 laps

Tidak finish
Rtd. Pastor Maldonado VEN Lotus-Mercedes 0 laps completed

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa