Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ferrari 488 Spider Debut di ASEAN, Kapan Indonesia?

Bagja - Senin, 30 November 2015 | 12:44 WIB
No caption
No credit
No caption

Kuala Lumpur - Dua bulan saja setelah debut perdananya di dunia pada Frankfurt Motor Show 2015, Ferrari 488 Spider akhirnya masuk ke kawasan ASEAN, dengan lebih dulu mendatangi Malaysia. Indonesia kapan?

Secara visual, garis eksterior umumnya mencerminkan coupe saudaranya, meskipun ada beberapa perbedaan desain, utamanya tanpa atap. Flying buttresses menggantikan peran pilar A pada versi coupe, dan ada penutup mesin baru, serta kisi-kisi aliran udara yang juga baru.

No caption
No credit
No caption
Ferrari 488 Spider

Meskipun dibuat tanpa atap, Ferrari 488 Spider diklaim oleh Ferrari sebagai mobil berjenis spider paling aerodinamis dan dilengkapi dengan chassis yang dikatakan 23% lebih kaku.

Mobil ini memiliki RHT (retractable hard top), yang beratnya 25 kg lebih ringan dari soft-top. Juga space hasil lipatannya hanya menempati 100 liter ruang ketika dilipat. proses buka tutup atap membutuhkan waktu 14 detik dan dapat dilakukan meski mobil berjalan sampai dengan kecepatan 45 kpj.

No caption
No credit
No caption
Proses buka tutup atap sekitar 14 detik sambil mobil berjalan tak lebih dari 45 kpj

Fitur unik lainnya, ada jendela belakang kecil yang bisa dioperasikan secara tiga tahap secara elektronik. Pada saat ngebut, jendela ini ditunrunkan agar tidak menjadi hambatan angin.

Soal mesin, Ferrari 488 Spider dibekali mesin 3.902 cc V8 twin-turbo. Tenaga yang dihasilkan juga identik dengan versi coupe, yakni 670 dk pada 8.000 rpm dan torsi 760 Nm pada 3.000 rpm. Mesin ini disanding dengan transmisi 7 percepatan kopling ganda dengan gearbox Formula 1.

Bedanya dengan versi balap Formula 1, Ferrari 488 Spider merubah ratio gigi agar lebih panjang nafasnya, dan dibekali Variable Torque Management. Hasilnya, perpindahan gigi lebih cepat sampai 30 persen.

Penampakan saat atapnya tertutup

Fitur-fitur canggih lainnya yang sudah disematkan antara lain, Side Slip Angle Control 2 (SSC2), E-Diff 3, F1-Trac dan juga rem ABS Ferrari Pre-Fill.Sistem suspensi dibekali SCM 3 magnetorheological suspension control system, dan pelek 20 inci.

dan karena sudah memasuki kawasan ASEAN, maka kemungkinan untuk hadir di Indonesia pun menjadi besar. Kemungkinannya, baru sekitar tahun depan Ferrari 488 Spider dihadirkan Ferrari Jakarta ke Indonesia.

"Maaf saya belum bisa membicarakan hal tersebut. Ditunggu saja nanti kabar selanjutnya. Pastinya akan kita coba bawa ke Indonesia. Mungkin sekitar semester awal tahun depan kita perkenalkan," jelas Arie Christopher selaku CEO Ferrari Jakarta. (Bagja)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa