Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Benarkah Lamborghini Itu Melaju 80 Km/jam?

Bagja - Selasa, 1 Desember 2015 | 02:16 WIB

Surabaya-Kecelakaan yang melibatkan sebuah Lamborghini Gallardo di kawasan Raya Kertajaya, Surabaya pada Minggu pagi (29/11) lalu memang masih dalam penyelidikan.

Mobil bertenaga 570 dk itu menabrak penjual STMJ dan mengakibatkan dua orang luka parah dan menewaskan  satu orang. Sebagai informasi, dalam beberapa generasi terakhir Lamborghini mencantumkan besaran tenaga kuda setiap modelnya sebagai nomor seri.

Nah, yang masih mengemuka saat ini apakah benar mobil yang hanya diproduksi 150 unit di seluruh dunia itu melaju 80 km/jam sebelum kehilangan kendali?
Mengapa begitu? Pertama, supercar yang dikendarai oleh Wilyang Lautner (24) itu adalah edisi terbatas dari model Gallardo yaitu LP 570-4 “Super Trofeo Stradale”. Bobotnya lebih ringan 30 kilogram dari versi LP570-4 Superleggera, versi termahal seri ini.

Mesinnya berkapasitas 5.204 cc, tenaganya 10 dk lebih besar dari versi Gallardo yang ‘biasa’ LP560-4. Dan sesuai angka 4 yang tercantum dalam nomor serinya maka mobil itu berpenggerak 4 roda dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Mobil itu secara teori bisa berakselerasi 0-100 km/jam secepat 3,4 detik saja. Kecepatan maksimumnya 320 km/jam. Untuk membayangkan akselerasi secepat itu, mudahnya, dengan mengedipkan mata sebanyak 3 kali secara cepat maka mobil itu sudah bisa melesat sampai 100 km/jam. Karena biarpun berpenggerak empat roda, akselerasinya luar biasa cepat,

Perlu diingat, Lamborghini dan beberapa supercar lainnya bisa berakselerasi dari posisi 0 sampai 100 km/jam dengan posisi gigi masih di angka satu.

Selain itu, mobil bertenaga besar dengan penggerak empat roda dan fitur kontrol traksi sebenarnya akan membuat mobil menjadi tidak ‘liar’ saat melaju maupun berakselerasi, kecuali ada hal-hal lain yang membuatnya tidak terkendali, dan itu butuh pengamatan lebih cermat untuk memastikannya. Domas, eRIE (Otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa