Siapa yang Termakan Honda BR-V, Toyota Rush atau Daihatsu Terios?

Kamis, 3 Desember 2015 | 20:51 WIB

Jakarta - Honda Prospect Motor baru saja meluncurkan crossover tujuh penumpang terbarunya, Honda BR-V. Meski bergenre crossover, namun Honda mengatakan kalau BR-V masuk ke segmen low SUV di pasaran, yang artinya ada Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Selama ini kedua mobil tersebut mendominasi segmen low SUV, karena memang hanya mereka berdua saja yang selama ini eksis disegmen itu. Apalagi, kedua mobil kembar ini juga punya 'perjanjian khusus' agar keduanya tidak saling berkelahi di pasaran.

Namun Honda BR-V siap hadir. Coba untuk mengganggu dominasi duet kembar ini dengan sejumlah penawaran yang disodorkan. Bisakah Honda BR-V menggangu dominasi Rush-Terios? Kalau ternyata bisa, siapa yang bakal termakan oleh crossover terbaru Honda ini, Toyota Rush atau Daihatsu Terios?

Dari segi penawaran harga, Honda sebenarnya lebih berani dengan menempatkan Honda BR-V dengan kisaran harga yang 'beda tipis' dengan Toyota Rush. Honda menawarkan BR-V dengan harga termurah Rp 226,5 juta untuk tipe S M/T. Sedangkan tipe termahal Rp 261,5 juta untuk tipe Prestige. 

Sementara Toyota membanderol Toyota Rush paling murah Rp 228,7 juta untuk tipe G M/T dan paling mahal dibanderol Rp 252,250 juta untuk tipe TRD Sportivo A/T. 

Keduanya bersaing dari segi harga, dan sepertinya Honda BR-V berada diatas angin karena faktor 'kebaruan' yang diusungnya sebagai pendatang paling akhir disegmen low SUV. 

Nah, dengan kisaran harga yang mirip-mirip, kita hanya perlu mengetahui apa-apa saja yang ditawarkan kedua model beda merek ini. Seberapa menggiurkan penarawan yang ditawarkan Toyota Rush dan sejauh mana Honda BR-V bisa mengimbangi atau bahkan melebihi penawaran dari Toyota Rush.


Sama-sama bermesin 1.5 liter

Honda BR-V dibekali mesin yang sama dengan Honda Mobilio, berkapasitas 1.5 liter i-VTEC yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 120 dk. Sementara Toyota Rush juga punya kapasitas mesin yang sama, berkapasitas 1.5 liter VVTi dengan tenaga 109 dk. Dari tenaga yang dihasilkan, Honda BR-V sedikit lebih unggul.

Pun begitu dengan tawaran transmisi untuk menyalurkan tenaga dari mesin. Honda BR-V disediakan transmisi manual 6 percepatan dan otomatis CVT, sedang Toyota Rush transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Editor : Bagja
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA