Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Alasan Kawasaki Belum Berani ke MotoGP

Jumat, 4 Desember 2015 | 14:10 WIB

Jepang – Tidak seperti tiga pabrikan asal Jepang lainnya, Kawasaki menyatakan  masih belum berani berkompetisi di arena MotoGP, tetapi mereka punya pandangan sendiri mengenai balap motor paling sohor sejagat ini.

Kawasaki mengatakan tidak bisa membayangkan mereka kembali ke MotoGP dalam waktu dekat. Pabrikan yang identik dengan warna hijau ini pernah berkompetisi di MotoGP pada 2003-2008 sebelum menarik diri karena krisis keuangan.

Tetapi pada 2009 Kawasaki menurunkan satu motor bersama tim Hayate Racing dengan pembalap Marco Melandri, sebelum akhirnya mundur secara penuh.

Sejak itu, fokus utama Kawasaki berada di kejuaraan dunia superbike (WSBK), meraih gelar juara dunia lewat pembalap Tom Sykes pada 2013 dan Jonathan Rea di 2015.

Selain Yamaha dan Honda yang eksis di MotoGP, kemudian Suzuki kembali bergabung tahun 2015 ini, berarti hanya Kawasaki pabrikan besar asal Jepang yang tidak berpartisipasi. Sementara dari Italia, Aprilia yang sempat vakum juga kembali ke MotoGP di 2015.

Biaya yang mahal jadi penghalang untuk membentuk tim pabrikan. “Investasi yang diperlukan tidak akan memungkinkan kita untuk berkompetisi,” kata bos Kawasaki World Superbike, Ichiro Yoda kepada Riders Mag.

“Pada akhirnya, Anda harus menjual sepeda motor, dan merek lain menjual beberapa juta lebih banyak dari kami. Bagi mereka, MotoGP setara dengan investasi satu persen dari penjualan mereka,” ungkapnya.

Yoda menambahkan, batasan regulasi teknis di MotoGP saat ini juga menjadi penghalang besar bagi Kawasaki.

“Jika kami kembali, beberapa hal harus berubah,” tuturnya. “Saat ini, aturannya sangat ketat. Kami tidak bisa bersaing dengan produk sepeda motor yang diturunkan, misalnya,” tambah Yoda.

“Ada solusi teknologi yang diadopsi oleh pabrikan lain, seperti girboks seamless, itu tidak pernah kami gunakan pada sepeda motor produk massal kami. Itu terlalu mahal, tidak bermanfaat,” jelasnya.

“Tentu saja, jika Dorna (penyelenggara balap MotoGP) harus mengubah filosofi dan membuat aturan yang benar-benar terbuka, yang memungkinkan semua produsen untuk bereksperimen dengan bebas, mungkin kami bisa kembali ke MotoGP,” ulas Yoda.

Awal tahun ini pembalap Moto2 asal Swiss, Dominique Aegerter tampak beberapa kali menguji coba motor prototipe Kawasaki milik rumah modifikasi Akira yang pernah menyuplai ZX-10R untuk tim MotoGP Avintia. Rumor merebak Kawasaki akan kembali ke MotoGP.

Tetapi Yoda menegaskan, “Untuk saat ini, kami tetap fokus pada superbike.” Bagi Kawasaki, MotoGP terlalu mahal. (otomotifnet.com)

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa