Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biaya SIM Moge Lebih Dari Rp 100 Ribu

toncil - Jumat, 4 Desember 2015 | 21:36 WIB

Jakarta - SIM C1 khusus moge (motor gede) berkapasitas mesin 250 cc hingga 500 cc dan SIM C2 untuk moge berkapasitas mesin diatas 500 cc, akan diberlakukan pada triwulan pertama tahun depan. Bahkan, Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Kepala Bagian Keamanan dan Keselamatan, Korlantas Polri mewacanakan pada bulan April 2016.

Lantas apakah ada perbedaan biaya penerbitan SIM nantinya? “Iya jelas biayanya berbeda. Karena motornya (kapasitas mesinnya) berbeda. Sehingga biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dan lainnya akan berbeda pula,” jawab Kombes Pol Unggul, ketika berbincang dengan OTOMOTIFNET (3/12).

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50, Tahun 2010 tentang PNBP pembuatan SIM C baru dikenakan biaya Rp100.000 dan perpanjang Rp75.000. Artinya SIM C1 dan C2 akan lebih dari Rp 100 ribu.

Lalu bagaimana mekanisme penerbitannya, apakah harus melampirkan STNK-nya serta membawa motornya atau bagaimana? “Sedang dirumuskan, makanya tidak langsung di Bulan Januari, targetnya pada triwulan pertama 2016,” katanya lagi.

Adapun prosedur penerbitan SIM baru adalah sebagai berikut;
1.    Membuat surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan oleh dokter (dapat dilakukan di polres setempat).
2.    Menyiapkan fotokopi KTP sebanyak 4 lembar.
3.    Membeli formulir permohonan pembuatan SIM sesuai harga yang telah ditentukan (contoh: SIM C Rp.100.000).
4.    Membeli asuransi sebesar Rp. 30.000.
5.    Isi formulir dan kumpulkan di loket yang telah disediakan, tunggu hingga dipanggil.
6.    Setelah dipanggil, anda akan diminta untuk melalui 2 tahap tes yaitu, tulis dan praktek.
7.    Jika anda lulus 2 tes tersebut, anda akan diminta menunggu panggilan untuk menandatangani SIM anda dan difoto.
8.    Anda harus menunggu hingga nama anda dipanggil untuk mengambil SIM.

Nah, kemudian apakah ada proses tambahan jika SIM khusus moge (SIM C1 dan C2) jadi diberlakukan? Kemungkinan bisa saja terjadi, mengingat mengendari moge perlu keterampilan yang lebih advance, sehingga butuh skill dan kecakapan psikologis. So, kita tunggu saja…  Harryt (Otomotifnet.com)

Editor : toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa