Jorge Lorenzo Ingin Balap F1

Selasa, 8 Desember 2015 | 19:35 WIB

Eropa – Formula 1 selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi pembalap motor, setelah Valentino Rossi yang pernah menguji coba mobil F1, kini Jorge Lorenzo bercita-cita ingin berada di balik kokpit mobil F1.

“Saya sudah mencoba GP2 dan salah satu impian pertama saya mengemudikan mobil Formula 1. Siapa tahu, mungkin di masa depan saya akan berada di F1,” katanya kepada Big News Network baru-baru ini.

Tentunya itu bukan sesuatu proyek konkret, tetapi hanya sebuah ide dari juara dunia MotoGP 2010, 2012 dan 2015. “Jelas saya tidak bisa meninggalkan MotoGP, karena itu adalah kegemaran saya. Masih banyak yang harus saya lakukan di sini,” tegasnya.    

Jorge Lorenzo bukan jadi pembalap MotoGP pertama yang mencoba peruntungannya di F1 dengan diberi kesempatan untuk mengikuti tes.

Sebelumnya Valentino Rossi pernah beberapa hari mengetes mobil Ferrari di Valencia pada 2006, catatan waktunya setengah detik lebih di bawah waktu pembalap Ferrari, Michael Schumacher. Ia juga pernah tes di Barcelona bersama Ferrari. 

Sementara juara dunia GP 500 cc lima kali Mick Doohan yang menjajal mobil F1 tim Williams di Barcelona, mengalami kesulitan dan kecelakaan menghantam pagar pembatas sirkuit.

Pada masa lalu, beberapa pembalap motor ternama pernah ikut balap F1. Sebutlah Giacomo Agostini, juara dunia balap motor 15 kali asal Italia ini mengikuti seri balap F1 di Inggris dan balap F2 Eropa pada tahun ’70-an.

Bahkan sebelumnya ada John Surtees, satu-satunya pembalap yang juara dunia di arena roda dua dan roda empat. Surtees empat kali juara dunia GP 500 cc dan juara dunia F1 pada 1964.

Sementara juara dunia balap motor 9 kali Mike Hailwood, beberapa tahun berkompetisi di balap F1 pada pertengahan 1960-1970-an.

Saat mencoba mobil balap GP2 saja Jorge Lorenzo sudah takjub, bagaimana mobil F1?

Nah, Lorenzo sendiri pernah berada di balik kokpit mobil balap single-seater. Pada 2012 ia mencoba mobil GP2 milik tim Barwa Addax asal Spanyol di sirkuit Valencia, sebelum meraih gelar juara dunia MotoGP yang kedua.

“Ini pengalaman yang unik, sangat berbeda dengan apa yang saya gunakan (motor balap),” kata Lorenzo saat itu. “Ini mengesankan dan meskipun dengan motor saya melaju 310 km/jam di sirkuit ini, dengan mobil saya melaju sekitar 280 km/jam,” lanjutnya.

Jorge Lorenzo tinggal menunggu ajakan dari tim F1 untuk menguji coba mobilnya. (otomotifnet.com)

Editor :
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA