Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Cara Kerja Pelaku Memanipulasi GPS Tracker

toncil - Kamis, 10 Desember 2015 | 18:14 WIB

Jakarta - Subdit VI Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil memburu 101 mobil curian, hanya dalam sebulan (November-Desember 2015). Jumlah tersebut cukup fantastis.

Menariknya lagi, pelaku masuk mobil dengan cara konvensional yakni melumpuhkan alarm dan merusak kunci pakai model letter T. Setelah berhasil masuk, para pelaku juga piawai melumpuhkan GPS tracker dengan cara ‘mengakali’.

Info yang dirilis oleh Subditranmor Polda Metro Jaya, bahwa pelaku menggunakan rekayasa teknologi untuk memanipulasi sinyal GPS tracker. Ini cara kerja yang diterungkap setelah introgasi jajaran Subdit VI Ranmor kepada para pelaku komplotan. 

-    Jamming Sinyal
    Modus jamming sinyal GPS tracking sebetulnya bukan perkara baru. Caranya, pelaku menggunakan alat khusus yang dapat mengacaukan daya pancar sinyal GPS     tracker, sehingga tak dapat dibaca oleh pemilik kendaraan. “Alat ini dijual bebas,” bilang Kompol Budi.
-    Detektor Sinyal
     Setelah berhasil membawa kabur mobil, pelaku menepi di daerah yang dirasa aman, kemudian menggunakan alat detektor sinyal untuk mencari keberadaan modul     GPS tracker. “Alat ini mudah didapat, layaknya aksesoris ponsel yang berkedip ketika terpapar sinyal,” beber pria yang juga berpengalaman bertugas di Subdit             Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya selama 3,5 tahun.
-   Hacking Sinyal
    Modus ini merupakan paling canggih, pelaku meng-hack sinyal GPS tracker dengan software khusus. “Data-data di input kemudian dipantau keberadaannya dan         selanjutnya dieksekusi. Semestinya data tersebut merupakan single identity yang hanya diketahui oleh pemilik kendaraan. Bisa juga mereka meng-hack secara           random, jika ada yang ‘nyangkut’ baru diincar,” urai Kompol Budi lagi. Harryt (Otomotifnet.com)

Editor : toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa