Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How To Buy Kawasaki Ninja 150 RR 2011, Kisaran Harga Rp 23-24 Jutaan

Otomotifnet - Kamis, 10 Desember 2015 | 19:33 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 
How To Buy Kawasaki Ninja 150 RR 2011 Kisaran Harga Rp 23-24 Jutaan

Meski sudah discontinue tapi motor yang satu ini tak pernah kehilangan penggemar

Jakarta - Motor sport lansiran geng hijau alias Kawasaki ini dari pertama lahir terkenal sebagai motor kencang. Dibekali mesin 2-tak berkapasitas 150 cc sudah lebih dari cukup untuk melibas trek Ibukota. Belum lagi penambahan teknologi Super KIPS yang membuat tarikannya semakin beringas.

Jika berminat meminang motor ini, baiknya perhatikan beberapa hal terlebih dahulu. “Cek kinerja Super KIPS, pastikan bekerja normal pada 6.000-7.000 rpm,” jelas Iyang, mekanik Utama Motor, spesialis Kawasaki. Kualitas oli samping yang digunakan juga harus bagus, agar tidak terjadi tumpukan kerak di area kepala silinder. Jika Super KIPS sudah bermasalah, selain lebih boros BBM, lari motor juga terasa ngempos, baiknya diservis setiap 1-2 bulan sekali.

Selain itu, cek juga suara mesinnya. Jika jam terbang tinggi dan terdengar suara kasar dari bagian blok piston, kemungkinan piston atau boring-nya sudah kena. Kemudian cek juga bagian radiator, karena kerap ditemukan sirkulasi mampat akibat ada o ring yang bocor sehingga oli bisa naik ke radiator. Gejalanya bisa dilihat dari temperatur mesin naik dan cepat panas khususnya saat jalanan macet namun tidak kunjung turun setelah motor berjalan normal.

Tambahan lainnya, sokbreker belakang Ninja RR ini sudah dilengkapi tabung. Jangan sesekali menekan pentil atau mengurangi angin dalam tabungnya, karena konsekuensinya bantingan sok jadi enggak enak dan risiko terbesarnya harus ganti baru dengan harga yang cukup mahal.

Di pasaran, Ninja RR tahun 2011 berkode KRR ini masih sekitar Rp 23 juta hingga Rp 24 jutaan. Walaupun masih mengusung mesin 2-tak yang kini mulai ditinggalkan, tapi harganya tetap stabil karena peminatnya tinggi, khususnya mereka yang berjiwa muda. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
Riding position nunduk, cepat lelah jika dipakai jarak jauh
No caption
No credit
No caption
Sokbreker belakang dilengkapi tabung, jangan mengutak-atik tekanan angin di dalamnya
Jika sudah aus, baiknya ganti gir set baru

Plus:
- Mesin terkenal kencang
- Minim perawatan
- Resale value bagus

Minus:
- Perhatikan kinerja radiator
- Super KIPS butuh perawatan ekstra
- Kulit jok terasa licin

Menakar Biaya Servis

Setelah berhasil membawa pulang, baiknya melakukan servis berkala tiap 2.000-2.500 km supaya performa mesin tetap terjaga. Jika tidak ada problem apa-apa, biaya jasa servis rutin hanya Rp 50 ribu, menunya yaitu membersihkan karburator, cek rem, kopling dan perangkat kelistrikan.

Kalau ingin sekalian membersihkan Super KIPS-nya, tambahkan saja biaya Rp 40 ribu, dijamin lari motor makin ngacir. Buat yang jam terbangnya sudah tinggi, baiknya melakukan servis besar dengan membongkar kepala silinder, biayanya Rp 185 ribu. Jika terdeteksi ada kerusakan berat dan mengharuskan turun mesin, ongkos overhaul-nya Rp 400 ribu saja. Semua harga tersebut di luar parts yang diganti. Untuk servis Super KIPS, normalnya dianjurkan tiap satu sampai dua bulan sekali. Tapi itu tergantung juga dengan kualitas oli samping yang digunakan, kalau spesifikasinya di bawah anjuran pabrik, jangka waktunya bisa lebih cepat. •

Daftar Belanja

Busi Rp 20.000
Kampas rem depan Rp 70.000
Kampas rem belakang Rp 70.000
Kampas kopling Rp 415.000 /set
Oli mesin Rp 50.000
Oli samping Rp 75.000
Aki Rp 190.000
Gir set Rp 880.000
Filter udara Rp 50.000
Radiator coolant Rp 25.000
Sumber: Utama Motor Kawasaki, Jl. Raya Bogor Km. 27 No. 1.
Telp. 021-93775201

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa