Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Sentul Diukur Ulang, Posisi Kurang Akurat di ‘Mata’ Satelit

Senin, 14 Desember 2015 | 21:16 WIB

Menjelang penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2017, sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat mulai direnovasi dengan tahap awal pengukuran ulang. Pengukuran ini penting mengingat posisi sirkuit harus ditentukan lebih akurat di ‘mata’ satelit.

“Saat ini pengukuran kontur tanah. Sudah diambil bahan-bahan desain dari 20 tahun lalu, ternyata kurang akurat dengan satelit. Enggak cocok dengan koordinat sekarang,” tutur Irawan Sucahyono, advisor PT Sarana Sirkuitindo Utama (SSU) pengelola sirkuit Sentul (14/12).

Menurutnya, dulu pengerjaan sirkuit belum secanggih saat ini. Yakni penggambaran masih menggunakan tangan di atas kertas kalkir. Pengukuran pun belum menggunakan teknologi canggih.  

“Diukur pakai GPS, dengan alat lebih canggih. Termasuk perbedaan levelling (ketinggian), meski 1 sentimeter pun mereka (tim Hermann Tilke, desainer) mau tahu,” terang Irawan lagi.

Semoga renovasi berlangsung lancar.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa