Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sebastien Loeb Tidak Puas Kalau Hanya Bisa Finish Reli Dakar

Minggu, 20 Desember 2015 | 01:22 WIB
No caption
No credit
No caption

Eropa – Memulai debutnya di reli Dakar yang berlangsung di Amerika Selatan (Argentina-Bolivia), Januari 2016, pereli legendaris Sebastien Loeb menyatakan tidak puas jika hanya bisa finish.

Juara dunia reli 9 kali Sebastien Loeb bergabung di tim pabrikan Peugeot yang diperkuat jawara reli Dakar, yaitu Stephane Peterhansel, Carlos Sainz dan Cyril Despres serta Romain Dumas yang pernah ikut Dakar tahun ini.

Meski Loeb tidak berharap ia bisa menimpali rekan setimnya yang lebih berpengalaman itu, ia berharap dapat mengambil pengalaman mereka untuk bisa kompetitif sejak awal.

Pada penampilan perdananya di Dakar ini, pria asal Perancis berusia 41 tahun itu menyebut sulit membuat memprediksi. “Anda dapat sempurna dalam irama, tetapi kehilangan banyak waktu pada kesalahan navigasi,” ujarnya.

Loeb menambahkan tujuannya ikut reli Dakar ini bukan hanya untuk finish. “Saya tidak mau finish urutan ke-60,” katanya. Ia pun sudah mempersiapkan diri untuk menyesuaikan kondisi reli marathon dengan mengikuti reli Maroko, Oktober lalu menggunakan moil Peugeot 2008 DKR15.

Sayang saat itu ia mengalami masalah. “Di Maroko kami mengalami masalah mekanis, masalah navigasi, masalah mengemudi,” aku Loeb mengenai pengalamannya di reli cross-country itu. Namun sejak itu ia punya kesempatan untuk mempersiapkan diri lebih baik.

Reli Dakar jadi pengalaman baru bagi juara dunia reli 9 kali berturut-turut Sebastien Loeb

Loeb nanti akan ditemani co-driver setianya di WRC, Daniel Elena yang juga pemula di reli lintas negara. “Navigasi bagian besar dari persiapan dan pasti rekan setim saya membantu Daniel untuk meningkatkan pengetahuannya di bidang itu,” ulasnya.

Menurutnya, selama mengemuikan mobil ia dapat saling berbicara mengatur ritme, selebihnya ia akan berusaha mencari cara yang berurusan dengan hal navigasi.

“Di WRC, Anda menggunakan catatan yang Anda tulis sendiri, Di sini, tidak ada catatan apapun. Anda harus melihat jauh ke depan, mengantisipasi, menghindari jebakan dan merasakannya,” jelas Loeb yang baru mengakhiri kariernya di kejuaraan dunia balap mobil turing.

Direktur reli Dakar, Eitenne Lavigne yakin Loeb bisa bersaing di minggu pertama reli meskipun rutenya lebih panjang, tetapi ia memperingatkan bahwa medan yang lebih keras di minggu kedua bisa muncul sebagai pengalamannya.

“Pada minggu kedua, dia akan masuk ke lingkungan yang jauh lebih ‘Dakar’ (kalau bicara medannya, berpasir, bukit pasir, berbagai hambatan dan ketinggian),” tutur lavigne.

“Ada beberapa tahap yang benar-benar baru baginya, dalam hal kesulitan,” lanjutnya. Selain Loeb, ada juga mantan pereli yang ikut, Mikko Hirvonen dan Xavier Pons serta pereli WRC Martin Prokop. 

Reli Dakar 2016 dimulai 2-16 Januari, start dari Argentina melintas Bolivia dan finish di Argentina. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa