Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Teknologi di Balik All New Toyota Kijang Innova 2015 Lebih Rigid Sekaligus Nyaman

Otomotifnet - Selasa, 22 Desember 2015 | 08:33 WIB
Teknologi di Balik All New Toyota Kijang Innova 2015  Lebih Rigid Sekaligus Nyaman
F Yosi/otomotifnet
Teknologi di Balik All New Toyota Kijang Innova 2015 Lebih Rigid Sekaligus Nyaman

Jakarta -  Sudah lihat All New Toyota Kijang Innova dong. Di balik bodi, interior dan mesin baru dengan segudang fitur-fitur canggih, MPV ini juga mengalami banyak perubahan yang enggak kelihatan loh. Makanya, bisa dibilang nyaris 80% seluruh bagiannya dibuat dari baru.

Misalkan saja nih soal dimensinya. “All New Kijang Innova panjangnya bertambah 15 cm menjadi 4.735 mm. Lebarnya pun bertambah 5,5 cm menjadi 1.795 mm dan tingginya bertambah 4,5 cm jadi 1.795 mm,” jelas Iwan Abdurrahman, Technical Service Division Toyota Astra Motor.

Efeknya sangat terasa di dalam kabin. Lebih terasa lapang dan posisi duduk juga lebih nyaman. Paling kentara saat melihat bagasi. Lebih besar dan lega. Dengan bertambahnya dimensi, apakah sasis berubah?

Konstruksinya sih masih sama mengandalkan ladder frame. Soal ini, Hiroki Nakajima, Chief Executive Engineer Toyota Motor Corporation mengatakan, “Sasis tersebut paling cocok untuk Indonesia dan sangat kokoh”.

Hanya saja, agar lebih kuat lagi, sasis mengalami perubahan pada material pembuatnya dan dipertebal 2 cm di setiap sisinya. Belum lagi, titik pengelasan di sekujur bodi ditambah 66 titik.

Alhasil, bikin bodi terasa lebih rigid atau kaku. Dan ini sangat terasa pada sesi first drive, baik di dalam kota ataupun saat journalist test drive di Bali.

Namun tak hanya meningkatkan handling, tentu kenyamanan harus dipikirkan. Makanya, sokbreker juga mengalami beberapa revisi, misal tebal dudukan di frame ditambah sebanyak 2 cm. Posisinya juga diubah untuk mengoptimalisasi penyerapan getaran dari jalan.

“Agar bantingan sokbreker lembut, bagian tabung dipertebal dan disesuaikan dengan bobot yang bertambah menjadi 1.860 kg,” tambah Iwan lagi.

Bandingkan dengan bobot Kijang Innova lama tipe V bensin yang berkisar 1.545 kg. Selisih sekitar 315 kg.

Pun begitu saat dijajal, kabin All New Kijang Innova terdengar lebih kedap kalau dibanding generasi sebelumnya. Itu berkat ditambahnya peredam dan bahan sponge di bagian dalam bodi. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa