Lampu Kuning pada Tren Rally Style, Hanya Jadi Lampu Tambahan

Minggu, 10 Januari 2016 | 21:54 WIB

Jakarta - Salah satu tren yang sedang naik daun adalah Rally Style (RaST), di dalam tren modifikasi mobil ini, salah satu menu ubahannya adalah merubah warna lampu utama menggunakan bohlam lampu berwarna kuning.

Tetapi, penggunaan lampu berwarna kuning pekat ini bukannya tidak menimbulkan pertanyaan.

Memang lumrah untuk digunakan di mobil yang turun dalam kompetisi reli, tetapi apakah cocok digunakan untuk penggunaan sehari-hari?

Menanggapi hal ini adalah Jusri Pulubuhu, Direktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting, menurutnya, dalam penggunaan lampu berwarna kuning pekat di mobil harus dilihat dari tipe penggunaannya terlebih dahulu.

“Dari sisi safety driving sendiri, sebenarnya lampu berwarna kuning ini hanya cocok digunakan ketika menembus kabut, oleh karena itu lumrahnya foglamp yang memiliki warna kuning pekat bukan lampu utama mobil.,” wantinya.

Dandan Wardana, penggawang Autovision di Mega Glodok Kemayoran punya saran lebih detail.

“Dalam menghitung warna lampu juga ada satuannya, yaitu memakai satuan Kelvin. Nah, untuk lampu berwarna kuning pekat berada pada angka 3.000 Kelvin. Sedangkan bagi saya, untuk penggunaan sehari-hari warna lampu yang cocok ada di sekitar 4.300 Kelvin, atau warna lampu yang standar pabrikan,” tegasnya. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA