Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Mudah Pilih Helm

erie - Jumat, 25 Desember 2015 | 22:03 WIB

Jakarta- Karena helm merupakan sebuah perlengkapan yang sangat penting, maka sebaiknya setiap orang teliti saat membeli sebuah helm.

Ada sejumlah tips yabg dikemukakan oleh Frans Lee, dari Cargloss Proriders untuk memilih helm.

1.Pastikan memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala, tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Bila ukuran helm terlalu sempit, pengguna helm  akan merasa sakit dibagian kiri, kanan dan atas kepala. Apabila terlalu longgar, pengguna tidak akan merasa nyaman  karena helm akan bergerak  pada saat tertiup angin. Selain itu helm yang longgar  akan berbahaya pada saat terjadi benturan.

2.Pilihlah helm yang bahan shellnya keras/tidak lentur, bahan keras pada luar helm sangat penting untuk perlindungan maksimal.

3.Pilihlah helm yang melindungi seluruh bagian tempurung kepala, pilihlah helm fullface atau minimal openface karena tipe helm ini yang paling maksimal melindungi kepala anda saat berkendara.

4.Pilihlah helm dengan bagian dalam / inner yang lembut, pilihlah bahan dari kain yang sangat lembut dengan kemampuan maksimal untuk menyerap keringat. Bahan yang lembut akan membuat anda menjadi lebih nyaman memakai helm walaupun dalam waktu yang lama.

5.Pilihlah helm dengan lapisan pengaman dalam  yang tebal, hal ini untuk mengimbangi bagian luar helm yang keras, bagian dalam yang tebal dapat meredam benturan dengan benda keras lain yang mungkin saja terjadi.

6. Pilihlah helm dengan tali pengikat yang kuat, tali pengikat yang kuat sangat penting agar helm tidak mudah terlepas dari kepala pada saat  pengendara terjatuh ataupun terjadi benturan.

7.Pilihlah helm yang sudah memenuhi standar yang ditentukan. Helm yang sudah memenuhi standar keamanan berarti sudah melewati proses uji, sehingga Anda akan merasa lebih aman menggunakan helm  tersebut.
 

“Seringkali orang tidak melihat helm sebagai alat pelindung yang penting, dan itu merupakan suatu kesalahan,” kata Frans.

“(Padahal) Helm merupakan perlengkapan wajib berkendara untuk menjaga keselamatan, oleh karena itu telitilah sebelum membeli sebuah helm, agar dapat menjaga keselamatan kepala anda saat terjadi benturan, tanpa meninggalkan rasa nyaman menggunakannya,” pungkas pria yang juga menggawangi helm merek Arai itu.

Editor : erie

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa