Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Macet Panjang, Seberapa Efisien Konsumsi BBM Mobil Anda?

erie - Senin, 28 Desember 2015 | 12:23 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta- Tidak sedikit pecinta otomotif yang merasakan konsumsi BBM mobilnya kurang efisien saat terjebak macet.

Benar enggak ya? Jawabnya memang benar. Soalnya kerja mesin lebih berat saat putaran mesin rendah.

Seberapa efisien atau bagaimana jika dikomparasi dengan mobil saat ngebut. Siapa yang lebih kurang efisien tuh?

Nah kebetulan OTOMOTIFNET mengukur konsumsi BBM saat bermacet ria dibeberapa titik, yakni di Cipali, Pejagan dan daerah Bumiayu. Mobil yang dipakai Mitsubishi Delica 4x2 AT tahun 2014 dengan posisi odometer 12.000 km.

Kondisi kemacetan(23/12) lalu itu sangat bervariatif. Misalnya saat akses tol Cikopo, kecepatan rata-rata yang bisa ditempuh 40 km/jam.

Sementara area Pejagan dan Bumiayu nyaris cuma 5 km/jam. Pada posisi ini diambil sampel konsumsi BBM via Multi Information Dislay(MID).

Semua data yang dipakai adalah data rata-rata (AVG-Average). Jadi ada ngebut di tol dan saat macet.  Fitur Auto Stop & Go dinon-aktifkan.

Berdasar data test drive Delica OTOMOTIF edisi 33/XXIV, didapat konsumsi BBM luar kota yakni 1/12 (l/km). Nah pada sesi macet terukir konsumsi rata-rata mesinnya yang diminumi Pertamax 92 ini bisa 1/10,3. Memang terjadi tambahan konsumsi sebesar 11,1 persen.

Tergolong tidak banyak karena saat jalanan agak lowong konsumsi BBM ditekan transmisi pintar INVECS-III 6 speed CVT dengan paddle shift.

Uniknya saat high speed 100 km/jam di tol Cipali, mesin 2.000 cc 4J11 S-Mivec masih bisa mengukir angka 17,6 km/liter.  Lumayan lebih irit daripada sebuah low MPV 1.500 cc bertarnsmisi matik.

Bagaimana dengan mobil Anda?

Bil (Otomotifnet.com)

Indikator BBM Mitsubishi Delica

Editor : erie

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa