Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Kawasaki Vulcan S Enggak Dar Der Dor Lagi!

Otomotifnet - Kamis, 7 Januari 2016 | 15:26 WIB

Jakarta - Kawasaki Vulcan S bergaya cruiser punya riding position nyaman dan performa mesin 2 silinder segaris 650 cc yang cukup responsif. Meski begitu, Resky Agusta mengaku suara motornya kurang gahar. “Enggak betah pakai motor standar ting-ting, bunyi knalpotnya terlalu halus. Ketika ngebut berasa kayak bawa Ninja 250 doang," bukanya. Solusinya knalpot racing tipe slip on sengaja dipasang. Karena masih jarang klnapot racing untuk Vulcan S, Termignoni Carbon yang peruntukannya untuk Kawasaki ER-6n sengaja dipilih karena basik mesin dan memiliki diameter pipa knalpot sama. "Sebenarnya bisa saja bikin di tukang knalpot, tapi kesannya jadi biasa saja karena tidak dibuat dengan material yang bagus," papar Rezky panggilan akrab siempunya Vulcan S ini.

Setelah dipasang, masalah muncul. “Karena cuma ganti silincer doang, efeknya malah jadi nembak-nembak karena kekurangan pasokan bahan bakar. Disamping itu tidak terlalu berpengaruh pada performa mesin," jelas Koko Nugraha dari Sportisi Motorsports (SM). Solusinya, suplai bahan bakar ditambah. Koko menyarankan untuk memasang piggyback agar pasokan bensin yang diatur oleh ECU bisa dimanipulasi. Piggyback Dynojet PCV dipasang sembari dilakukan seting ulang air fuel ratio (AFR) agar sesuai dengan kebutuhan mesin. "Seting AFR pada Vulcan S ini saya patok untuk rpm bawah 13,5:1, tengah 13,2:1 dan atas 12,9:1 agar power bawah ke tengah lebih maksimal," papar pria berkulit putih ini.

Karena OTOMOTIF penasaran dengan hasilnya, langsung diuji di atas dynamometer Dynojet tipe 250i milik SM, Hasilnya power naik 1 dk, sedang torsi juga naik 1 Nm. Terlihat dari grafik power puncaknya sekarang 53,35 dk pada rpm 7.700 dan torsi 55,39 Nm pada rpm 5.300, power bawahnya lebih cepat dari standar. Dari grafiknya terlihat tidak terlalu signifikan peningkatan power dan torsi puncaknya, namun linear lebih tinggi di setiap putaran mesin. "Saat dibawa jalan baru terasa torsinya lebih ngejambak dari standarnya,” yakin Rezky. Dan yang paling penting enggak nembak lagi!• (otomotifnet.com)

Sportisi motorsports : 081315733333  

Data tes:

Spek            Power           Torsi

Standar        52,88 dk         54,65 Nm

Upgrade       53,35 dk         55,39 Nm

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa