Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Splash M/T 2012 Perdana Jadi Juara

Otomotifnet - Senin, 1 Februari 2016 | 14:14 WIB

Pertama turun, ‘cipratan’ Splash merah ini menunjukkan kalau mesin mungilnya ternyata kompetitif di ajang reli

Jakarta - Penasaran dari seri sebelumnya ingin nurunin Splash, akhirnya hanya dalam waktu 2 minggu dibangun lah sosok small hatchback Suzuki ini untuk turun di kelas N12. Selama ini, di kelasnya baru ada Toyota Etios, Honda Brio dan Mitsubishi Mirage. “Buat nunjukkin juga, masih ada Suzuki nih yang bisa fight,” terang Yoyok Cempe, pereli senior yang kali ini harus kerja keras turun di 2 kelas, lainnya andalkan Baleno spek reli.

Enaknya, turun di kelas N adalah harus memakai mesin sesuai bawaannya. Enggak bisa tuh seenaknya modifikasi. Makanya pekerjaan paling lama saat meracik roll-cage dan pilih suspensi. “Mesin cukup tambah Qmax volt stabilizer, satu untuk tarikan bawah, satu lagi benerin tarikan atas,” sambung pria berkaca-mata ini. Sisanya, paling muffler tip saja yang pakai besi stainless.

“Setingan ini sudah jauh lebih enak, nyetirnya jadi fun. Tinggal diurut saja nyari traksi sama racing line deh. Soalnya di trek tarmac kan,” papar pria ramah yang berpasangan dengan Normansyah sebagai navigator. Sisanya lebih banyak mencari sokbreker yang pas dengan waktu yang mepet. Coba sana-sini, dipilih lah coilover HKS Hypermax untuk depan dan Bilstein di belakang, dengan kombinasi per HKS. “Itu juga nyopot dari Swift milik saya. Sekarang jadi nganggur tuh di garasi,” ujarnya sambil tertawa.

Enggak sia-sia mesti kerja keras balap di dua nomor. Sore hari saat pembagian piala, Yoyok pun berhasil naik panggung menyabet juara 1 di kelas gabungan N12/N15, yang kapasitas mesinnya lebih besar. Selamat! • (otomotifnet.com)

Plus:
- Bisa fight di kelas yang lebih besar dengan ubahan minimal

Minus:
- Suspensi masih bisa di-upgrade lagi

Data Modifikasi:

Volt stabilizer Qmax GT3 dan Qmax LV, transmisi standar dengan LS, body kit SGA (Suzuki Genuine Accessories); add-on bumper depan/belakang, side skirt, rear spoiler, door visor, Roll-cage 6 titik seamless, reinforced bodi, Pelek standar, Ban Achilles ATR K-Sport 195/50R15, COilover HKS Hypermax (depan), Sokbreker Biltein, per HKS (belakang), Jok Sparco Pro2000, safety belt OMP 5 titik, setir Sparco 3 spokes deep cone, pedal set Sparco

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa