Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive All New Pajero Sport di Lintasan Offroad di Jepang

Bagja - Senin, 4 Januari 2016 | 17:47 WIB
No caption
No credit
No caption

Fujigane - Jam 12 siang baru saja terlewati beberapa menit. Namun, suhu udara di kawasan Offroad Park Fujigane, Jepang, menunjukkan angka 5 derajat celcius. Dingin? sudah pasti. Tapi rasa penasaran untuk menjajal langsung All New Pajero Sport seolah bisa mengusir dingin sementara waktu.

Hamparan tanah berkerikil di perbukitan Fujigane ini juga sempat membius mata. Meski memang, dari tingkat kesulitan mengemudi, bakal lebih parah lintasan Offroad di Kalimantan, Indonesia, misalnya, dibanding kawasan Fujigane ini.

No caption
No credit
No caption
Melewati permukaan jalan beda tinggi

Tikungan dan tanjakan juga tidak dibuat curam. Hanya saja, lintasannya benar-benar sudah dibuat untuk mensimulasikan fungsi dari berbagai fitur dan juga serangkaian ubahan yang sudah dilakukan Mitsubishi pada All New Pajero Sport.

Lebih baik cepat masuk kedalam kabinnya yang lebih hangat yuk. Kebetulan yang tersedia versi setir kiri. Agak aneh untuk pertama dibalik setirnya. Posisi duduk sangat nyaman, apalagi pengaturan kursi pengemudi sudah elektrik, hanya melalui sentuhan jari pada tombol disamping kursi pengemudi.

No caption
No credit
No caption
Dibalik setir All New Pajero Sport

Begitu juga dengan visibilitas yang tetap leluasa, baik kedepan, juga belakang. Pilar A yang biasanya mengganggu penglihatan, juga tidak terjadi pada All New Pajero Sport. Meski posisi duduk masih berkesan tinggi, namun justru jadi poin lebih saat menghadapi turunan tajam karena makin mudah dikendalikan.

Saatnya menyalakan mesin diesel All New Pajero Sport byang baru, menggantikan mesin sebelumnya, DI-D 2.5-liter yang menghasilkan tenaga 178 dk. Mesin barunya ini punya kapasitas yang dipangkas 100cc, menjadi 2,4 liter Commonrail, berteknologi MIVEC dan tetap disokong turbo. Dikatakan Mitsubishi, ini kali pertama diterapkan pada Pajero Sport.

No caption
No credit
No caption
Dibalik beringasnya akselarasi All New pajero Sport

Mesin tersebut punya tenaga lebih besar dari sebelumnya, yakni mencapai 181 dk dan torsinya 430 nm. Meski tenaga lebih besar, tapi konsumsi bahan bakarnya diklaim lebih hemat sampai 17 persen. Gas buangnya sekarang juga berada dibawah 200 g/km.

Untuk menyalakan mesin, cukup pencet tombol start/stop. Deruman khas mesin diesel hanya terdengar saat mesin dihidupkan, setelah itu, apalagi dalam kondisi mesin idle, suara khas mesin diesel tidak sampai terdengar di dalam kabin. Ya, lebih senyap memang. Juga getaran yang tidak begitu terasa.

No caption
No credit
No caption
approach angle 30 derajat bikin leluasa hadapi turunan curam

Begitu pedal gas diinjak spontan, wuzzzz, All New Pajero pun melesat seolah tak ada hambatan yang membuat akselarasinya jadi tertahan. Sayang, lintasan offroad tidak memungkinkan untuk menggunakan semua posisi gigi pada transmisi otomatis barunya yang sampai 8 gigi. Namun yang pasti, semakin rapatnya ratio gigi, membuat jeda perpindahan saat akselarasi semakin tidak terasa.

No caption
No credit
No caption
rear departure angle 24 derajat memungkinkan tanjakan curam bisa diladeni

Redaman suspensi juga terasa ada perbaikan. Mitsubishi sepertinya sudah melakukan revisi pada sassis, yang berpengaruh sekaligus pada sistem suspensi. Meski terasa empuk saat mepindas jalan bergelombang dan berbatu, bahkan pada lintasan dengan permukaan yang tidak rata ketinggiannya, namun gejala limbung semakin berkurang. Tapi belum tau kalau dipacu kencang di jalan tol misalnya.

Tapi setidaknya, mau ditaruh di habitat manapun, sepetinya bisa saja diladeni All New pajero Sport. Secara akselarasi dirasa lebih baik, suspensi lebih nyaman, ditambah mesin yang kini juga makin bertenaga.

Lintasan tanah dengan krikil mendominasi lintasan offroad Fujigane, Jepang

Dengan semua ubahan dan suguhan baru yang ditawarkan Mitsubishi pada All New Pajero Sport, seolah menandakan kalau SUV andalan Mitsubishi ini sudah siap untuk dipasarkan di Indonesia. Segera!

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa