Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Pertimbangkan Pasang Turbo VNT di Mobil Bensin

Bagja - Selasa, 5 Januari 2016 | 15:44 WIB

Jakarta - Asupan udara bertekanan melalui sistem Variable Nozzle Turbo (VNT) yang biasanya terdapat pada mobil-mobil diesel Toyota, kemungkinan besar akan juga dipasang pada mobil berjenis bensin. 

Jadi, kedepannya bukan tidak mungkin Kijang Innova bensin atau Avanza sudah mengusung turbo VNT, seperti Toyota Fortuner, Toyota Hilux, juga Innova diesel. Sebab, Toyota pun sedang mempertimbangkan langkah tersebut.

"Melihat kebutuhannya kami belum akan mengaplikasikan teknologi ini ke mesin bensin. Sebenarnya untuk turbo, concern kami lebih ke arah mobil hybrid. Karena teknologi ini bisa memanfaatkan gas buang untuk mendorong performa mesin," ucap Dadi Hendriadi, GM Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM).

Dengan turbo VNT, besar dan kecepatan gas buang yang menggerakkan turbin bisa diatur dan tidak hanya bergantung pada rpm mesin, sehingga efektifitas turbo lebih baik pada semua rpm dan load mesin.

Penggunaan turbo jenis ini membutuhkan lebih banyak komponen, dimana ECU harus mengontrol VNT/VGT yang dapat mengubah sudut baling-baling (vane) pada turbin hingga dapat menerima gas buang pada range yang lebih besar. “

"Positifnya, turbo lag lebih kecil karena respon yang cepat dan keluaran turbo hampir sama di kebanyakan tingkat rpm mesin, menghasilkan kurva torsi yang rata,"” lanjut Dadi.

Kebayang ya kalau nantinya benar diterapkan pada mobil-mobil bensin Toyota. Selain tenaga jadi lebih besar, konsumsi bahan bakar tetap irit. 

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa