Peluang Trio Low MPV 2016: Salip Menyalip Dibelakang Avanza

Selasa, 5 Januari 2016 | 17:30 WIB

Jakarta - Toyota masih boleh membusungkan dada, kalau sejauh ini belum ada low MPV lain yang bisa menyaingi kejayaan Avanza. Jadi ya sudahlah, tak perlu lagi dipikirkan bagaimana cara menjungkalkan Avanza sebagai mobil terlaris.

Setidaknya, masih ada saudara kembarnya Daihatsu Xenia yang masih bisa diganggu-ganggu oleh para kompetitornya. Dan sepanjang tahun 2016 ini pun kondisinya masih akan mirip-mirip seperti itu. Saling salip menyalip dibelakang Avanza.

Kemungkinan Daihatsu Xenia masih menempel tepat di belakang Avanza, masih cukup besar. Karena bersamaan dengan Avanza, Daihatsu Xenia dianggap paling siap menghadapi tahun ini dengan semua ubahan dan pembaruan yang sudah dilakukan.

Namun perlu dicatat, Daihatsu Xenia tetap tidak bisa berleha-leha. Sebab faktanya, berdiam diri saja dengan semua kebaruan tak menjamin low MPV andalan Daihatsu ini bisa unjuk gigi.

OTOMOTIFNET coba melakukan kroscek secara acak pada laporan penjualan bulanan mobil terlaris di Indonesia tiap-tiap bulannya sepanjang tahun 2015 lalu. Tidak melulu Xenia berada di posisi kedua tepat dibelakang Avanza, karena harus berkali-kali disalip Honda Mobilio.

Nah, yang disebut terakhir ini punya peluang lebih tahun ini. Tapi ada syaratnya, Honda harus melakukan penyegaran pada low MPV andalannya ini. Sehingga, setidaknya bisa membuat Honda Mobilio lebih konsisten membuntuti Avanza diperingkat pertama.

Salip menyalip sudah pasti terjadi. Seperti pada Maret 2015 lalu, Daihatsu Xenia dengan penjualan sebanyak 3.290 unit dibulan itu, mengungguli Honda Mobilio yang terjual sebanyak 2.180 unit. Namun, masuk tengah tahun, yakni Agustus 2015, Honda Mobilio dengan jualan sebanyak 4.746 unit sudah semakin menguntit posisi Daihatsu Xenia yang terjual sebanyak 4.941 unit.

Sementara jelang tutup tahun, Honda Mobilio dengan penjualan sebanyak 4.780 unit akhirnya mengungguli Daihatsu Xenia di Oktober 2015 yang terjual sebanyak 2.116 unit (padahal sudah model baru).

Lalu kemana Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina? Sepanjang tahun ini bolehlah kita anggap mereka tenggelam. Bahkan untuk masuk dalam daftar 10 mobil terlaris bulanan saja masih tidak konsisten sepanjang tahun kemarin. 

Namun, dengan ubahan pada Suzuki Ertiga (Dreza) dan kemungkinan Nissan juga menghadirkan model baru--bukan facelift--dari Grand Livina, kedua low MPV ini bisa menjadi kuda hitam yang sewaktu-waktu bisa mengganggu kenyamanan Honda Mobilio dan Daihatsu Xenia.

Editor : Bagja

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA