Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatikan Tiga Hal Saat Akan Kredit Mobil

toncil - Selasa, 5 Januari 2016 | 21:46 WIB

Jakarta - Musim 2016 ini para agen pemegang merek (APM) tidak akan menahan diri untuk tidak meluncurkan mobil barunya. Seperti pada Kamis (7/1) pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan launching Suzuki Ertiga Dreza. Kemudian PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors juga akan mengeluarkan All New Pajero Sport. Tak ketinggalan PT Toyota-Astra Motor juga kemungkinan mengeluarkan All New Fortuner. Belum lagi PT Honda Prospect Motor yang akan terus menggenjot produk-produknya

Untuk bisa meraih mobil-mobil impian tersebut tentu harus dengan persiapan yang matang. Pembelian secara kredit masih menjadi salah satu cara paling efektif. “Kita akan lakukan survey untuk semua konsumen. Bukan hanya penentuan bisa atau tidaknya, tapi kita juga akan memberitahu konsumen mengenai hal-hal lain supaya tidak memberatkan,” sebut Niko Kurniawan, Deputy Director-Head of Retail Car Financing PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk.

Meski terlihat sederhana dalam perolehan mobil secara kredit, namun ada beberapa hal yang patut dipahami. Maksudnya, supaya ketika melakukan cicilan pembayaran tidak memberatkan. Jangan sampai tak bisa mencicil pembayaran karena adanya keperluan mendadak.

Hal pertama, lihat dulu perusahaan pemberi pembiayaan. Bisa dengan cara bertanya ke teman atau saudara atau justru berdasar pengalaman sendiri.

Hal berikutnya mengenai kemampuan untuk mencicil. Untuk itu harus dihitung dengan benar. Sebab secara keseluruhan sebaiknya untuk cicilan maksimal 30% dari penghasilan. Untuk menilai kemampuan mencicil ini, selain sebaiknya memiliki perhitungan sendiri, pihak finance juga akan melalukan penghitungan detil.

“Kita akan cek keuangan konsumen. Ini berkaitan dengan cicilannya. Sebab cicilan biasanya kan tidak sebentar,” tambah pria ramah ini. Hitung juga uang muka yang diterapkan. Lagi-lagi berkaitan dengan cicilan per bulan.

Hal terakhir yakni bunga yang diterapkan. Coba bandingkan antar lembaga keuangan lainnya. Jangan sampai memberatkan dan sesuaikan dengan kemampuan yang ada.

Jika sudah sesuai semua, bisa melangkah dengan pasti mengajukan kredit. (Otomotifnet.com)

Editor : toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa