Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Ciptakan Motobot Buat Kalahkan Rossi

Sabtu, 9 Januari 2016 | 15:36 WIB
No caption
No credit
No caption

Las Vegas – Valentino Rossi mendapat tantangan dari Motobot, sebuah robot humanoid yang diciptakan Yamaha Motor Company dan dapat mengendarai motor sungguhan, demikian diucapkan Yamaha pada acara Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Amerika, Jumat (8/1)..

Motobot Ver. 1 diresmikan oleh Yamaha pada Tokyo Motor Show, Oktober tahun lalu. Jumat ini di CES, Yamaha Motor Ventures dan Laboratory Silicon Valley Inc., memperkenalkan kerja sama dengan SRI International (SRI), dalam upaya untuk lebih mengembangkan perpaduan sepeda motor dengan teknologi robotika.

Langkah pertama untuk sinergi ini akan mengembangkan kemampuan Motobot untuk menavigasi trek balap secara independen pada 2017.

Lembaga riset SRI menawarkan keahlian robotika dalam upaya untuk memungkinkan Motobot untuk melakukan lebih dari hanya sekadar melaju di sekitar lahan kosong.

Menurut roadmap proyek, pada 2017 robot ini harus mampu mengidentifikasi dan mengikuti jalur ideal (racing line) di sirkuit, ketika mencoba untuk meningkatkan lap time secara kontinu dengan kecepatan yang lebih tinggi dan secara bertahap mendekati batas sepeda motor itu. SRI mengungkapkan, pengujian awal telah dimulai.

"Kami akan menunjukkan seberapa jauh robot humanoid telah memiliki kemajuan dalam efisiensi dan kinerja, serta bagaimana para pemimpin industri seperti Yamaha Motor dapat memanfaatkan robotika untuk memecahkan tantangan bisnis, menciptakan keunggulan kompetitif dan mempercepat inovasi," kata Thomas P. Rendah, Associate Director of Robotics di SRI Internasional.

Di awal penampilannya tahun lalu, Motobot diperkirakan dapat memacu motor hingga 200 km/jam

“Proyek ini akan dapat mendorong beberapa batasan, visualisasi data operasional tentang motor, mengukur hubungan antara masukan pembalap dan perilaku mesin, kemudian digunakan untuk menghasilkan pengetahuan buat membangun kendaraan lebih baik,” timpal Amish Parashar, direktur strategis pengembangan bisnis di Yamaha Motor Ventures dan Laboratory Silicon Valley Inc.

Yamaha dan SRI memiliki target yang sangat mengesankan. Tujuan akhir dari kinerja Motobot adalah untuk dapat mengalahkan waktu putaran (lap time) Valentino Rossi, juara dunia balap motor 9 kali.

Motobot didesain dapat melaju kencang di sirkuit balap. Saat pertama diperkenalkn tahun lalu, diperkirakan bisa melesat sampai 200 km/jam.

Dapatkah robot humanoid ini mengalahkan lap time legenda MotoGP seperti Valentino Rossi pada 2017? (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa