Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lampu Utama Mobil Saat Hujan Punya Fungsi Lebih

Otomotifnet - Kamis, 14 Januari 2016 | 08:10 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Ada yang bilang, kalau Januari itu hujan seharihari. Pada kenyataannya meski enggak merata, tapi di beberapa  tempat di Jakarta sudah beberapa kali diguyur hujan. Dalam kondisi seperti ini, wajib bagi pengendara untuk menyiapkan kendaraannya. Ada banyak yang harus dipersiapkan dan salah satunya adalah head lamp. Saat menghadapi hujan, perangkat ini enggak hanya berfungsi sebagai penerangan saja.

Tapi juga penanda bagi pengendara lain yang posisinya ada di jalur yang berlawanan. Apa dan bagaimana urusan lampu ini saat memasuki musim hujan? Simak yang berikut. • (otomotifnet.com)

Lampu Buram

Buram

Ada banyak hal yang membuat permukaan lampu jadi menguning atau bahkan juga bisa nampak buram. Seperti umur pakai yang sudah lebih dari 5 tahun dan adanya debu yang masuk. “Pakai bohlam yang watt-nya lebih besar dari standar, juga jadi penyebab. Kalau sudah begitu, akan mengganggu penerangan apalagi berkendara saat hujan,” ungkap Hamdan Fadillah dari Syifa Jaya di Jl. H. Mencong Ciledug, Tangsel. Permukaan yang buram, ternyata bisa diperbaiki dan waktunya juga enggak lama. Ambil contoh untuk lampu mobil yang diproduksi pabrikan asal Jepang dan Korea, bisa dibikin kinclong lagi dalam waktu 1-2 jam saja.

“Hasil akhirnya memang enggak seperti baru lagi, tapi kalau sebelum dipoles kinclongnya hanya 40 % maka sesudah pengerjaan bisa mencapai 80%,” jamin pria yang akrab disapa Dadan itu. Soal ongkos pengerjaan,dibedakan berdasarkan pabrikan pembuatnya. Itu karena tingkat kesulitan saat membelah head lamp. Kisarannya, siapkan saja dana Rp 200-250 ribu untuk mobil Jepang dan Rp 400-500 ribu untuk yang bikinan Eropa. •

 

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa