Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Musim Hujan Setel Wiper, Cegah Baret

Otomotifnet - Kamis, 14 Januari 2016 | 08:14 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Di musim hujan seperti sekarang, fungsi wiper memang prioritas untuk membantu visibilitas pengendara. Yang perlu diperhatikan juga, wiper seringkali menjadi sarang debu dan pasir yang mengendap di bagian karet. Hasilnya ketika dioperasikan, pasir pun ikut terbawa oleh sapuan wiper sehingga kaca menjadi baret. Tapi komunitas Brio Project Indonesia (BPI) punya solusi dengan memposisikan wiper belakang tegak vertikal saat posisi diam. “Selain stylish, wiper belakang yang kita oprek juga fungsional karena enggak jadi sarang pasir yang bikin kaca baret,” ujar Arief Ramadhany, salah satu anggota BPI. Penasaran? Yuk ikuti langkahlangkahnya. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
langkah 1

1.  Siapkan obeng kembang dan kunci pas 10 untuk membuka 5 buah baut dan 2 buah mur pada motor wiper bagian belakang. Posisi motor wiper ada di atas pengait kunci bagasi, yang ditutup oleh material plastik berwarna hitam

No caption
No credit
No caption
langkah 2

2. Buka baut pertama pada tutup plastik berwarna hitam tersebut dan lepas tutupnya, maka akan terlihat motor wiper yang ditutup pelat besi.

No caption
No credit
No caption
Langkah 3

3.  Pada pelat besi, terdapat 4 buah baut yang dapat dibuka kembali dengan obeng kembang, serta 2 buah mur yang dapat dibuka dengan kunci pas 10 mm.

No caption
No credit
No caption
langkah 4

4. Setelah pelat dapat dibuka, akan terlihat 2 buah gear pinion yang berfungsi untuk mengoperasikan wiper secara mekanis. “Cuma perlu digeser saja pakai tangan kosong searah jarum jam, sampai wiper di posisi yang kita inginkan. Sebaiknya lurus tegak secara vertikal menunjuk arah jam 12, agar debu dan pasir tidak bersarang di wiper,” ujar pria yang mengaku lajang ini.

Langkah 5

5.  Jangan lupa untuk menutup kembali pelat dan plastik penutup motor wiper seperti langkah sebelumnya. Selain debu dan pasir jadi ogah nempel di wiper, tampilan belakang Brio pun jadi beda dari yang lain, keren kan!

 

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa