Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Ganti Kampas Rem Depan Toyota Avanza

Editor - Senin, 11 Januari 2016 | 19:24 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Ganti kampas rem depan Toyota Avanza, bisa dilakukan sendiri. Alatnya juga enggak perlu sampai belanja ke toko perkakas. 

Tinggal siapkan saja dongkrak standar, kunci sok ukuran 21 mm untuk buka ban dan ring ukuran 14 mm untuk buka kaliper. Urutan kerjanya dari buka pengunci ban dulu dengan kunci sok ukuran 21 mm dan ingat, bautnya ada 4 buah.

Setelah roda terlepas, lanjutkan dengan membuka baut pengunci kaliper. Cukup pakai kunci ring atau pas ukuran 14 mm untuk membuka baut ini.

Angkat kaliper dan lepas kampas rem dari rumahnya. Ganti kampas rem yang sudah terpakai dengan yang baru, bisa orisinal atau aftermarket seperti produk MK Kashiyama.

Kampas rem sudah diganti, posisikan lagi kaliper seperti semula dan kunci dengan baut ukuran 14. Oh iya, kalau kondisi kampas rem sebelumnya sudah habis banget. Biasanya perlu menekan piston, supaya kampas lebih mudah terpasang. 

Baru kemudian pasang lagi ban, tapi jangan sembarangan. Dongkrak jangan dilepas dahulu sebelum seluruh baut ban terpasang. Setelah semua baut terpasang, baru dongkrak diturunkan dan semua baut dikencangkan dengan arah menyilang (kiri atas, kanan bawah, kanan atas dan kiri bawah).

“Setelah melakukan penggantian kampas rem, jangan lupa untuk melakukan cek dan ricek sistem pengereman setiap kelipatan 10 ribu,” ucap Billy Wibisono, Automotive Product Manager PT Dirgaputra Ekapratama selaku distributor kampas rem MK Kashiyama. (ADV)

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa