Test Drive All New Toyota Kijang Innova Q A/T Diesel

Selasa, 19 Januari 2016 | 08:10 WIB

Setelah varian bermesin bensin dipakai sebagai mobil pengantin teman redaksi, varian bermesin dieselnya diuji menempuh rute ganas saat libur long weekend

Jakarta - Lihat saja, libur long weekend akhir tahun kemarin, termasuk kejam untuk sebuah kendaran. Kalau melihat aplikasi peta online seperti Google Maps atau Waze. Mulai dari jalan tol dalam kota hingga Cikampek, bahkan Rancaekek hingga Nagreg, semuanya memperlihatkan garis merah alias macet.

Makanya, berhubung MPV legendaris ini punya segudang revisi dan upgrade di seluruh sektor, misalkan saja sasis yang diperkuat, mesin diesel gres dan layout dasbor baru. Ganasnya jalan jadi pembuktian apakah kemampuannya masih bisa diandalkan keluarga Indonesia?

Rute dari Jakarta menuju Garut pun ditempuh. Sempat delay waktu keberangkatan (23/12) karena info dari peta digital masih macet, ternyata hari esoknya (24/12) pun sami mawon alias sama saja. Ya sudah, sekalian deh uji mesin baru 2GD-FTV berkapasitas lebih kecil, hanya 2.393 cc. Seperti apa hasilnya? • (otomotifnet.com)

Fitur Fuel

Comparison Intip layar MID sebesar 4,5 incinya, kini terdapat petunjuk baru soal fuel comparison. Jadi, masukkan rasio konsumsi yang dikehendaki. Misal di perjalanan kemarin OTOMOTIF menyetelnya di 1:10 liter per km, lalu input harga solar yang masih Rp 6.700. Nantinya, pada bagian bawah MID akan menunjukkan berapa uang yang bisa dihemat berdasar gaya berkendara dan konsumsi real saat dipakai, dibanding konsumsi acuan yang tadi ditulis.

Nah hasil jalan sejauh 768,7 km dan mengemudi kombinasi eco driving dan performa. OTOMOTIF berhasil menghemat sekitar Rp 41.400 pada All New Kijang Innova bermesin diesel ini, dibanding MPV lain yang punya konsumsi 1:10 liter per km.

Transmisi Pintar

Perangkat yang bikin perjalanan lebih mengasyikkan adalah transmisi All New Kijang Innova diesel. Dipakai macet-macetan sepanjang tol Cikampek jelas enggak bikin kaki cepat pegal. Namun serunya saat menuju dari jalan Cimanuk, Garut menuju kawasan wisata Kamojang, rute yang menanjak dan tikungan, pasti bikin pemiliknya yang gemar nyetir sendiri keasyikkan deh.

Editor : Otomotifnet

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA