Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Reli Dakar: Cuaca Panas Ekstrem, Laju Peserta Dihentikan

Rabu, 13 Januari 2016 | 03:39 WIB
No caption
No credit
No caption

Argentina – Cuaca panas ekstrem pada etape sembilan di Belen, Argentina, Selasa (12/1), membuat penyelenggara reli Dakar 2016 menghentikan laju peserta yang akhirnya dimenangkan pereli tim Peugeot, Carlos Sainz.

Etape di Belen ini salah satu etape marathon terpendek di Dakar 2016. Namun kondisi panas di sini dinilai ekstrem. Penyelenggara pun memutuskan untuk menghentikan perjalanan di waypoint keempat.

“Etape hari ini diperkirakan akan sulit, mengingat kondisi di tahapan khusus,” kata penyelenggara. “Bukit pasir di sekitar Fiambala dan suhu panas menjadikan hari yang sulit bagi para peserta,” imbuhnya.

“Keprihatinan ini langsung terbukti dan sejumlah peserta unggulan mengalami kesulitan, khususnya di kategori sepeda motor, manajemen lomba telah mengambil keputusan yang logis,” lanjutnya.

“Untuk menjamin keamanan maksimal di seluruh bidang, lomba berakhir di CP2 (check point 2),” begitu bunyi pernyataannya.

Memulai kompetisi, pereli tim Mini, Nasser Al-Attiyah finish duluan di CP1, meninggalkan pimpinan klasemen Stephane Peterhansel dari tim Peugeot hampir dua menit. Sedangkan Carlos Sainz terpaut tiga menit.

Carlos Sainz pertama kalinya memimpin klasemen sementara reli Dakar tahun ini

Tetapi Sainz yang saat itu menempati peringkat dua klasemen, melesat menuju finish dan gantian berada di depan. Juara reli Dakar 2010 ini finish dengan waktu 2 jam 35 menit 31 detik pada tempat di mana etape dihentikan karena panas.

Erik Van Loon bersama mobil Mini tampil mengejutkan dengan mencetak waktu tercepat kedua, hanya 10 detik lebih lambat dari Sainz. Sementara pendatang baru Mikko Hirvonen yang juga menggunakan Mini naik podium ketiga.

Al-Attiyah masuk finish urutan lima, di belakang pereli Toyota, Giniel de Villiers. Peterhansel yang mobilnya mengalami masalah, ada di urutan tujuh, terpaut 9 menit dari Sainz.

Akibatnya, tongkat komando klasemen sementara berpindah ke tangan Sainz, unggul 7 menit dari Peterhansel di urutan kedua. Al-Attiyah di tangga ketiga, tertinggal 14 menit.

Masih ada 4 etape lagi yang harus dijelajahi peserta. Perubahan posisi di tiga besar masih bisa terjadi. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa