Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Semoga Sirion Sport Bisa Ngebut Bareng Kompetitor"

Bagja - Jumat, 15 Januari 2016 | 13:18 WIB
Sirion Sport
Bagja
Sirion Sport

Jakarta - Meski katanya ini ulangan strategi tahun lalu, tetap banyak yang tidak menyangka kalau Astra Daihatsu Motor (ADM) malah menghadirkan Sirion Sport sebagai model pembuka tahun. Sementara beberapa pabrikan mulai sibuk dengan mobil keluarga berjenis MPV dan SUV. 

Langsung dong terlintas tanya, kenapa ya Daihatsu malah andalkan Sirion Sport? Mungkin memang sudah punya strategi sendiri yang beda sendiri, atau memang merasa percaya diri sehingga enggan mengikuti atau membaca tren di awal tahun ini?

"Ya tiap pabrikan memang punya strategi sendiri. Kenapa Sirion Sport duluan? Karena kita ingin menunjukkan mobil kompak Daihatsu tidak hanya MPV atau SUV saja," jawab Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra.

Mau ngebut di awal tahun dengan kesegaran versi sport? Memangnya seberapa menarik pasar citycar sekelas Sirion sepanjang tahun 2016 ini sehingga Daihatsu sampai harus mendahulukannya di awal tahun ini.

"Ini sudah strategi kami. Jadi bukan mana duluan mana, tapi kalau diperhatikan tahun lalu, Sirion (facelift) memang pertama kami hadirkan, sehingga saat ini jadi yang paling lama, tentu harus kami segarkan duluan dong," tambah Amelia.

Memang, tambah Amel, dirinya mengakui pasar citycar tidak besar. Karenanya, Sirion juga tidak diharapkan sebagai volume maker. Tapi ya itu tadi, dikatakan Amel, Daihatsu ingin menunjukkan kalau mobil kompaknya tak hanya MPV dan SUV, citycar juga seperti Sirion, perlu dapat perhatian.

Sirion Sport
Bagja
Sirion Sport
Sirion Sport

Sepanjang tahun 2015 lalu, dari Januari sampai November, berdasar data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan citycar memang kalah jauh dari LCGC. 

Honda Brio misalnya, untuk yang versi sport 1.3 liter bahkan tidak dijual sama sekali sepanjang tahun lalu. Tapi masih bisa mengandalkan Honda Brio versi 1.2 AT sebanyak 10.362. Sementara Toyota Etios terjual sebanyak 5.137 unit. Mitsubishi Mirage 6.164 unit. Suzuki Splash 1.763 unit. Nissan March 4.038 unit. Juga Hyundai i10 sebanyak 403 unit.

Ada beberapa produk baru seperti Suzuki Celerio, tapi tetap tak bicara banyak meski menawarkan transmisi canggih CVT, hanya terjual 504 unit dimulai Mei 2015. Masih beruntung KIA Picanto yang juga hadir versi barunya tahun lalu, terjual sebanyak 1.427 unit. Sedang Daihatsu Sirion facelift terjual sebanyak 3.678 unit. 

Setidaknya langkah Daihatsu tersebut seperti ditegaskan Amelia, bukan karena Daihatsu tidak punya produk baru, atau sekedar menyuguhkan versi segar diawal tahun. Meski hanya menambahkan beberapa aksesori--otomatis menaikkan harga jualnya sampai Rp 8,5 juta, ya cukup lumayan untuk menawarkan kesegaran awal tahun.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa