Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Reli Dakar: Gelar Juara Stephane Peterhansel Masih Diragukan

Minggu, 17 Januari 2016 | 02:25 WIB
No caption
No credit
No caption

Argentina – Stephane Peterhansel mengantongi gelar juara reli Dakar ke-12 kalinya, setelah mengakhiri etape penutup dari Villa Carlos Paz ke Rosario, Argentina sejauh 180 km, Sabtu (16/1), namun gelar ini harus menunggu hasil protes yang diajukan tim Mini.

Kubu tim pabrikan Peugeot sementara boleh bersuka cita, karena mereka kembali juara reli Dakar lewat Stephane Peterhansel. Peugeot yang kembali ke Dakar tahun lalu setelah absen 25 tahun, terakhir mengukir kemenangan pada 1990.

Namun kemenangan spektakuler ini masih jadi tanda tanya. Pasalnya tim Mini yang merupakan juara bertahan, melakukan protes. Mereka mempertanyakan keabsahan Peterhansel yang mengisi bahan bakar di tempat yang tidak diizinkan pada etape delapan, Senin (11/1).

No caption
No credit
No caption
Pereli tim Mini, Nasser Al-Attiyah berpeluang mempertahankan gelarnya jika Stephane Peterhansel terbukti bersalah

Saat itu, Peterhansel yang finish di posisi tiga tercepat, mengambil alih pimpinan klasemen dari rekan setimnya Sebastien Loeb.

Menurut direktur tim X-Raid Mini, Sven Quandt saat itu, di buku panduan tertera jelas peraturan pengisian bahan bakar untuk peserta sepeda motor dan quad, bukan untuk mobil.

Nah di etape ke-13 ini, pereli tim Mini melakukan serangan untuk memperpendek jarak dari Peterhansel. Mikko Hirvonen dan Nasser Al-Attiyah naik podium dua dan tiga di belakang pembalap Peugeot, Sebatien Loeb yang memenangkan tahapan penutup ini.

Meskipun hanya sekali menang, Mikko Hirvonen (kanan) mampu bertengger di posisi empat klasemen akhir pada debutnya di reli Dakar

Mantan pereli WRC Mikko Hirvonen yang memenangkan etape 12 hari Jumat, banyak memimpin di etape ini. Tetapi di di garis finish kalah cepat 1 menit dari Loeb yang mengantongi kemenangan keempat pada debutnya di reli Dakar.

Hirvonen memang tidak berhasil menggeser posisi Giniel de Villiers (Toyota) di posisi tiga klasemen akhir, namun peringkat empat adalah yang terbaik buat pereli asal Finlandia itu dalam debutnya di reli Dakar.

Prestasi Hirvonen lebih bagus dibanding sesama pendatang baru yang juga mantan saingan beratnya di WRC, Sebastien Loeb yang berakhir di urutan sembilan.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa