Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Ride TVS Apache RTR 200 4V, Tembus 144 km/jam!

Antonius Yuliyanto - Jumat, 22 Januari 2016 | 12:01 WIB
No caption
No credit
No caption

Sentul - Pada pengetesan TVS Apache RTR 200 4V di sirkuit Sentul kemarin (20/1), Tester OTOMOTIF mencatatkan top speed tertinggi dengan rekor 144 km/jam. Pencapaian ini tentu enggak mudah, karena peserta lain terdekat hanya 141 km/jam dan sisanya enggak lebih dari 140 km/jam.

Tentunya didukung performa mesin yang mumpuni, motor anyar asal India ini dibekali mesin baru dengan konstruksi kepala silinder SOHC dengan 4 valve 197,75 cc injeksi. Namun untuk meraih angka setinggi itu, tentu ada triknya, terutama dalam hal racing line, posisi gigi dan putaran mesin (rpm) saat melibas trek lurus di sirkuit Sentul.

No caption
No credit
No caption
Top Speed TVS Apache RTR 200 4V

Persiapan sudah dimulai di tikungan ke-9, sebelum masuk turun gigi 3 dengan tetap gantung gas. Masuk tikungan 10 sudah bersiap naik ke gigi 4 tepat di 10.400 rpm atau sebelum limiter.

Gas terus sampai mentok sambil ambil racing line ke kanan mendekati tembok. Tepat di garis finish, atau yang ada tempat pengibar bendera putaran mesin akan berada di sekitar 10.400 rpm, langsung pindah ke gigi 5.

Setelah itu terus ambil jalur kanan untuk menghindari angin sambil terus merunduk maksimal. Baru sesaat sebelum pintu keluar pit pindah jalur ke kiri bersiap masuk tikungan pertama. Dan untuk dapat 144 km/jam harus berani late braking, tutup gas dilakukan setelah penunjuk angka 100 meter. Nah di situlah top speed didapat.

Baru kemudian tutup gas dan sedikit colek rem depan sambil motor ditarik masuk tikungan pertama. Sreeekkk...  jangan kaget jika footstep menyentuh aspal!

Ulasan lengkapnya, sabar ya! (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
Top Speed TVS Apache RTR 200 4V

Top Speed TVS Apache RTR 200 4V

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa