Perang Duo HOT SUV: Rem Tromol Diandalkan Semua Tipe All New Fortuner

Sabtu, 23 Januari 2016 | 08:35 WIB

Jakarta- Dihadirkan dengan sejumlah pembaruan dan penambahan fitur-fitur baru yang canggih, namun untuk sistem pengereman, All New Fortuner masih mempercayakan rem tromol untuk semua varian tipe.

Rem tromol pada semua tipe All New Fortuner tersemat pada sepasang roda belakang. Apa pertimbangan Toyota masih menyematkan rem tromol, sementara para pesaingnya sudah mengandalkan diskbrake pada semua roda?

"Sebenarnya secara fungsi kami menjamin semuanya berfungsi baik, mau rem tromol maupun diskbrake. Rem tromol masih kami andalkan karena Fortuner mobil untuk offroad, saya melihat 4x4 rem tromol lebih cocok ditempat atau daerah panas," ujar Hirosi Nakajima, Executive Chief Engineer Toyota Motor Corp.

Meski terkesan jadul, rem tromol tetap punya keunggulan.

Tidak mudah terkena kotoran dan debu karena letaknya yang berada didalam, maka rem tromol tidak mudah disusupi debu ataupun kotoran sehingga kinerjanya tidak akan terganggu.

Tromol juga merupakan sistem rem yang mudah dan harganya yang murah.

Pada intinya sistem rem tromol ini sangat mudah dan simpel sekali, namun dengan kinerja yang powerful menghentikan laju kendaraan.

Selain mudah, rem tromol juga murah pada setiap komponenya semisal kampas, lebih murah dibandingkan yang menggunakan rem cakram.

Kinerja pengereman yang Lembut. Berbeda dengan rem cakram yang ganas karena akurasinya tinggi, rem tromol menghasilkan perlambatan pergerakan yang lebih perlahan atau lembut.

Editor : Bagja

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA