Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Teknologi Yamaha New Fino 125 Blue Core, Nih Cara Kerja Advance Key System?

Otomotifnet - Selasa, 26 Januari 2016 | 11:23 WIB

Jakarta - Skutik terbaru dari Yamaha, New Fino 125 Blue Core dibekali beberapa teknologi unggulan. Misal mesin menggunakan milik Mio M3 yang sudah terkenal responsif, namun lebih irit 50% dari Fino karburator. Satu lagi yang menarik adanya Advance Key System.

Advance Key System
Berisikan Answer Back untuk memudahkan mencarinya saat motor berjajar di parkiran yang luas. Pencet tombol motor berbunyi diiringi suara. Kemudian disertai pula dengan Auto Open Key Shutter, dengan memencet tombol di kunci beberapa detik maka pengaman di kontak akan terbuka dan otomatis menyala.

“Berdasarkan survei kami, ketika parkir di tempat gelap pengendara akan kesusakan dalam membuka shutter key, juga saat memasukkan kunci, nah dengan fitur ini akan sangat memudahkan,” terang M. Abidin, GM After Sales & Motorsport Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Bagaimana sih cara kerjanya? “Pada prinsipnya ada pengirim frekuensi dari anak kunci, ada receiver, solenoid dan buzzer,” buka Ridwan Arifin, Staf Service Education PT YIMM. Fitur ini bisa dipakai dalam jarak sekitar 20 meter.

Ridwan menambahkan, jadi antara anak kunci dan receiver dibikin satu frekuensi. Ketika ada perintah saat pengendara memencet tombol, receiver yang terletak pas di depan kontak menerima sinyal. Setelah itu receiver memerintahkan buzzer mengeluarkan bunyi, buzzer posisinya di bawah atas pas di atas sepatbor depan. Itu fungsi answer back.

Bagaimana dengan auto open key? Jika tombol anak kunci dipencet lama, maka receiver memerintahkan solenoid, yang letaknya menempel dengan kontak, untuk menarik tuas pengunci shutter key, dan hasilnya shutter key pun terbuka.

Dalam posisi bersamaan juga diiringi lampu LED di dalam kontak menyala. Sehingga pengendara akan dengan mudah memasukkan kunci ke lubang kontak. “Lampu itu akan menyala selama 30 detik,” terang Ridwan. Jika tombol enggak dipencet lagi maka otomatis mati.

“Dan jika motor enggak dinyalakan selama 9 hari, maka fitur Advance Key ini juga enggak bisa langsung dipakai, membuka shutter key mesti secara manual. Baru setelah mesin hidup Advance Key System akan otomatis mereset dan bisa dipakai lagi,” tambahnya.

Teknologi Mesin

Mesin yang dipakai ternyata sama persis dengan Mio M3 dengan konsep Blue Core, jadi teknologi yang dipakai pun sama. Pertama pakai forged piston yang dipadukan dengan DiAsil cylinder. Berikutnya dibikin minim gesekan, seperti penggunaan roller rocker arm dan offset cylinder.

Sedang dari sisi pasokan bensin sudah injeksi, mesin Blue Core ini pakai throttle body 24 mm yang hanya diisi TPS (throttle position sensor), enggak ada lagi sensor suhu dan tekanan udara.Untuk mengoreksi kondisi pembakaran menggunakan sensor O2 di lubang buang

Agar berkendara bisa lebih irit, Fino 125 juga dibekali Eco Indicator di spidometer. “Kerjanya dengan membaca dari putaran mesin dan bukaan TPS,” terang Ridwan.

Kendati mesin persis dengan Mio M3, namun tetapada bedanya. Yaitu terletak pada bagian CVT, yang mana Fino pakai roller lebih ringan. “Fino pakai 11 gram, sedang Mio M3 12 gram,” lanjut pria yang tinggal di Bogor ini. Sedang dimensi roller sama, diameter 20 mm dan lebar 12 mm. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa