Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FMI Bubar, Ford Belum Tentu (Tidak) Jualan Lagi di Indonesia

Bagja - Senin, 25 Januari 2016 | 21:18 WIB

Jakarta - Ford Motor Indonesia (FMI) sudah dinyatakan bubar. Biasanya, efek spontan yang terjadi, para pemilik mobilnya langsung panik. Bagaimana nasib kedepan? Padahal, yang bubar hanya Agen Pemegang Merek-nya (APM) bukan merek Ford itu sendiri.

Memang saat dikonfirmasi, FMI melalui Lea Kartika Indra, Communication Director, belum bisa banyak mengungkapkan informasi. Dirinya hanya mengatakan, konsumen tidak perlu khawatir. 

"Toh pengumuman itu sendiri kita buat agar konsumen tenang dan tidak khawatir, kita sudah siapkan semuanya," ujar Lea ketika dihubungi OTOMOTIFNET.

Ditambahkan Lea, bahkan bagi yang membeli mobil Ford tahun ini juga akan dicover garansi hingga 3 tahun, untuk suku cadang akan lebih lama lagi. Hanya saja, dirinya belum mau mengungkapkan siapa atau apa yang nantinya bakal meneruskan kiprah Ford di Indonesia.

"Belum tau, yang jelas semua di FMI sayangnya harus terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), dealer juga tidak beroperasi lagi. Tapi sekali lagi, kami sedang menyusun rencana kedepan dan akan memberikan keterangan lebih lanjut," jawab Lea.

Pernyataan tersebut sebenarnya mengindikasi kalau hanya APM FMI saja yang bubar, sementara merek Ford sendiri akan meneruskan kiprahnya di Indonesia. Dengan berbagai kemungkinan tentunya. Pastinya, model bisnis yang akan dilakukan tidak lagi sama. 

Paling instan, Ford hanya menjadi semacam importir, meski konsekuensi paling umum harga jadi lebih mahal. Hanya saja cara ini justru bisa menguntungkan pada para pemilik mobil Ford, karena harga jual kembali mobilnya akan ikutan terkerek, karena menyesuaikan harga jual mobil barunya. Dan biasanya, penjualan mobil selalu diikuti layanan service dan ketersediaan spare parts.

Bukan sebaliknya yang selama ini dikhawatirkan, begitu suatu APM tutup, harga mobil langsung jeblok dan layanan amburadul. Belum tentu. Karena hanya APM yang gulung tikar, sementara merek Ford sendiri, terus berkibar di kancah global.

Karena bukan tanpa pertimbangan Ford Motor Company memutuskan untuk menutup semua kegiatan operasional FMI di Indonesia. Bisa saja Ford sudah membaca masa depan pasar mobil di Indonesia, dan menganggap pengelolaan pola bisnis berbentuk APM dianggap kurang efektif kedepannya.

Ford Motor Indonesia sendiri, sudah berkiprah sejak tahun 2002 lalu, dan sudah banyak melahirkan model-model yang tidak bisa dibilang jelek secara produk. Mulai dari Ford Ranger, Ford Everest, Ford Escape, Ford Focus, Ford Fiesta, sampai yang terbaru Ford EcoSport. 

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa