Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Calon Tim F1 Rio Haryanto, Ketambahan 2 Orang Ferrari

Sabtu, 30 Januari 2016 | 23:12 WIB
No caption
No credit
No caption

Inggris – Tim F1 Manor Racing, yang diperkirakan akan menampung pembalap Indonesia Rio Haryanto, memperkuat divisi teknik dengan bergabungnya dua tokoh penting tim Ferrari, setelah Nicholas Tombazis kini giliran Pat Fry.

Belum lama ini tim Manor yang bermarkas di Inggris, merekrut Nicholas Tombazis. Mantan kepada desainer tim Ferrari ini menempati posisi kepala aerodinamika. Senin (25/1) ini tersiar kabar, Pat Fry ikut diajak bergabung.

Artinya, Fry kembali reuni dengan Tombazis, koleganya ketika di Ferrari. Mereka tersingkir dari tim Ferrari di akhir 2014, menyusul terjadinya perombakan susunan manajemen yang dipimpin oleh bos baru Maurizio Arrivabene menyambut musim 2015.

Pria asal Inggris berusia 51 tahun itu, berkecimpung di F1 sejak 1987 ketika bergabung di tim Benetton hingga 1993. Kemudian pindah ke McLaren sampai 2010 dan mangkal di Ferrari sampai akhirnya Fry tersingkir dari jabatannya sebagai direktur teknik di pengujung 2014.

Direktur Manor Racing, Dave Ryan mengumumkan bahwa Manor sangat beruntung memiliki Pat Fry, yang akan bekerja dan membantu tim untuk mengembangkan mobil baru. Fry mendapat jabatan sebagai engineering consultant.

Menurut Ryan, Fry akan memainkan peran utama dalam mengolah data dari hasil uji coba pertama di Barcelona. Fry akan membawa data teknik untuk tim mempersiapkan diri memulai balap awal musim di GP Australia, 20 Maret.

Pembalap Indonesia Rio Haryanto masih berusaha untuk bisa balapan di F1, terutama bersama tim Manor

“Tujuannya adalah memberi performa mobil dari hasil uji coba pramusim di Barcelona bulan depan, kemudian menerjemahkannya ke trek balap di Melbourne untuk memastikan kami sekuat mungkin mengawali musim balap 2016,” kata Ryan.

Selain jadi ajang reuni antara Tombazis dan Fry, adanya Dave Ryan menandakan tiga mantan punggawa tim McLaren itu bersatu kembali. Ryan menghabiskan waktu 35 tahun di McLaren sebelum pergi pada 2009 diangkat sebagai racing director di tim Manor.

Manor Racing yang sebelumnya dikenal sebagai tim Marussia yang bermula dari Virgin Racing, tahun lalu gagal menuai point saat menggunakan mesin Ferrari. Musim ini Manor menggendong dapur pacu Mercedes.

Hingga kini Manor belum memiliki susunan pembalap. Rio Haryanto asal Indonesia menjadi calon kuat menempati salah satu kokpit mobil F1 Manor. Baru-baru ini Rio mendapat dukungan dana dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Rp 100 miliar agar dapat berlomba di balap F1. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa