Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Peluang Honda BR-V Diesel untuk Indonesia

Bagja - Rabu, 27 Januari 2016 | 11:45 WIB

Jakarta - Honda Prospect Motor (HPM) sejauh ini belum menghadirkan mobil bermesin diesel untuk pasar Indonesia. Namun melihat kehadiran Honda BR-V sebagai SUV berwujud crossover, penggunaan mesin diesel tentu bisa menarik. Bagaimana peluangnya?

Ternyata HPM sedang mempelajari kemungkinan untuk menghadirkan Honda BR-V bermesin diesel untuk pasar Indonesia. Apalagi India sudah siap untuk menghadirkannya, sehingga Honda sebenarnya sudah siap, hanya tinggal pertimbangan khusus dari HPM terkait kondisi di Indonesia.

Di India, Honda BR-V tersedia mesin diesel dengan mesin i-DTEC berkapasitas 100cc lebih besar dari mesin bensin, yakni 1.6 liter. Namun untuk mewujudkannya, Honda pastinya perlu mengimpor dari India untuk sementara, karena sejauh ini HPM baru memproduksi lokal mesin bensin Honda BR-V.

Honda Mobil India akan mulai produksi lokal crossover BR-V di pabrik Tapukara, Rajasthan pada April 2016. Awalnya, sekitar 36.000 unit BR-V akan diproduksi setiap tahun. Belum diketahui apakah akan diekspor juga atau hanya khusus pasar lokal India.

Sementara di Tanah Air, Honda BR-V mesin bensin 1.5 liter i-VTEC diproduksi di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Ditawarkan dalam tiga tipe, mulai dari tipe S, tipe E dan tipe Prestige sebagai yang tertinggi. 

Kalau HPM lebih berani, bisa saja menghadirkan Honda BR-V diesel setidaknya paling cepat tengah tahun ini, setelah peluncurannya di India. Atau bisa dijadikan sebagai strategi marketing, yakni diluncurkan untuk tahun depan sebagai model penyegar rutin tahunan.

“Namun, khusus di Indonesia kita masih mempelajari dulu,” komentar singkat Direktur Marketing dan Aftersales Service HPM, Jonfis Fandy, kepada OTOMOTIFNET.

Kalau benar terwujud, Honda BR-V akan menjadi mobil diesel pertama Honda di Indonesia. Dan peminatnya juga tidak akan sedikit, apalagi mobil SUV yang identik dengan mesin diesel begitu subur di Tanah Air.

Bagaimana HPM, berani hadirkan Honda BR-V bermesin diesel untuk Indonesia?

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa