Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Asyik Upside Down Yamaha Xabre Bisa Untuk V-Ixion dan YZF-R15

Antonius Yuliyanto - Rabu, 27 Januari 2016 | 17:40 WIB

Bali - Salah satu fitur yang paling menarik dari Yamaha Xabre adalah penggunaan suspensi depan upside down. Tertarik mengadopsinya di V-Ixion atau YZF-R15?

Suspensi model terbalik ini menawarkan tampilan yang kekar sekaligus sporti, karena awalnya lebih jamak dipakai di moge. Menurut Ridwan Arifin, education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, upside down Xabre ini asnya berdiameter 37 mm, makanya terlihat kekar.

Ternyata sangat bisa! Maklum secara basik Xabre, V-Ixion dan R15 sama. "Bisa, karena komstir sama tapi harus satu set dengan segitiganya," terang Ridwan.

Penyesuaian yang harus dilakukan menurut Ridwan ada di bagian as roda. Karena lebih lebar, maka harus dibikin bushing baru. "Kalau mau enggak ribet ganti peleknya sekalian," sarannya.

Satu lagi yang harus disesuaikan kaliper rem depan, harus ditambah braket agar tetap bisa menjepit cakram dengan sempurna. Masalah harga, upside down Xabre memang belum keluar angka pastinya, tapi Ridwan mengutarakan ada di kisaran Rp 5 juta.

Xabre resmi diperkenalkan di Indonesia, Selasa kemarin (26/1) di The Mulia Hotel Nusa Dua, Bali. Desainnya tak biasa, minimalis dan mempertontonkan kaki-kaki yang kekar. Suspensi depannya sudah upside down, yang belakang monoshock dengan swing arm aluminium casting.

Bannya berukuran besar, depan 110/70-17 dan belakang 130/70-17. Posisi duduknya juga unik, bukan cuma tegak tapi juga condong ke depan sehingga tampak lebih agresif.

Lampu depannya LED dan mengusung spidometer anyar berteknologi Negative MID (Multi Information Display) yang memiliki tiga tingkat kecerahan. Mesinnya, 150cc LC 4 valve Fuel Injection didukung transmisi 6 percepatan yang basiknya diambil dari jantung yang sama pada YZF-R15 dan V-Ixion.

Gimana, asyik kan! (otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa