Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Inden Honda BR-V Sampai Maret, Overpricing Bisa Terjadi

Bagja - Jumat, 29 Januari 2016 | 07:41 WIB

Denpasar - Honda Prospect Motor (HPM) terus mengkampanyekan kehadiran crossover tujuh penumpang pertama di Indonesia, Honda BR-V. Pemesanannya pun sejauh ini sudah mencapai 7.000 unit lebih dan sudah dikirimkan kepada konsumen sekitar 1.000 unit.

Namun, kalau yang ingin melakukan pemesanan saat ini, masa tunggu (inden) unitnya bisa mencapai paling lama pada Maret 2016 mendatang. "Tergantung tipenya juga, cuma Februari ini sudah bisa. Atau paling lama Maret konsumen sudah bisa mendapatkan BR-V," ujar Direktur Marketing dan Aftersales Service HPM, Jonfis Fandy.

Sekitar hampir dua bulan masa tunggu tersebut, bisa memicu tren overpricing terjadi, seperti mobil-mobil baru Honda sebelumnya, semisal Honda Mobilio dan Honda HR-V. 

Overpricing tersebut terjadi karena banyak konsumen yang tidak sabar menunggu mobilnya datang, sehingga rela membayar 'uang lebih' pada dealer agar bisa segera mendapat mobil pesanannya. 

"Kemungkinan overpricing selalu ada, kita enggak bisa cegah, karena konsumennya juga mau. Karenanya sekarang kita ada program "My Booking Status", sehingga konsumen yang sudah memesan bisa tau perkembangan perkembangan pembelian mobilnya," beber Jonfis.

Namun Honda akan berusaha mengoptimalkan produksinya agar bisa segera memenuhi permintaan konsumen Honda BR-V agar tidak terlalu lama menunggu. "Kita pastinya akan maksimalkan kapasitas pabrik, tapi tidak bisa langsung seratus persen, harus bertahap," kata Jonfis. 

Pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat dikatakan Jonfis, punya kapasitas produksi maksimal mencapai 200 ribu unit pertahun. Namun, maksimalisasi kapasitas pabrik tersebut dilakukan secara bertahap, dengan tahun lalu sudah mencapai 160 ribu unit dan tahun ini 180 ribu unit karena kehadiran Honda BR-V.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa