Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Akuisi Daihatsu oleh Toyota: Untuk Pengembangan Mobil Kecil

erie - Senin, 1 Februari 2016 | 19:52 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta- Seperti diberitakan sebelumnya, Toyota Motor Corp. (TMC) akhirnya memperbesar sahamnya di Daihatsu Motor Co. (DMC) hingga menjadi 100 persen.

Tadinya Toyota mempunyai kepemilikan saham sebesar 51 persen di Daihatsu sejak tahun 1988.

Penguasaan saham atas Daihatsu itu akan mempermudah Toyota dalam melansir mobil-mobil kecil.

Di pasar mobil baru AS sebenarnya kolaborasi keduanya sudah muncul pada Scion xB yang dibangun dari basis Daihatsu Materia.

No caption
No credit
No caption
Daihatsu Materia

Bukan hal yang mustahil kalau kemudian akan muncul lagi mobil kecil buat pasar AS yang bermerek Scion. Nama yang sudah mulai disebut untuk bisa diadaptasi ulang adalah Daihatsu Copen.

Dari aksi korporasi ini paling tidak ada tiga hal yang bakal segera terwujud dalam bentuk produk massal.

Pertama, antara Daihatsu dan Toyota tetap akan melanjutkan konsenterasi pengembangan line up yang sudah ada. Daihatsu akan bisa memanfaatkan area penjualan dimana ada merek yang sudah lebih dahulu kuat peneterasinya, lebih spesifik untuk segmen mobil kecil.

Selanjutnya, baik Toyota maupun Daihatsu akan berbagi pengembangan serta penerapan strategi untuk satu produk sejak tahap konsep.

Daihatsu akan bisa juga melakukan pengembangan lanjutan atas sejumlah teknologi yang sudah ditemukan keduanya untuk bisa diproduksi secara lebih efisien. Sekaligus juga mendapatkan kewenangan dalam membuat dalam bentuk produk yang lebih kecil

Toyota juga akan bisa memperoleh manfaat dalam peningkatan efisiensi untuk pengembangan komponen serta teknologi atas mobil-mobil yang ukurannya lebih besar dari yang biasa dibuat Toyota.

Terakhir, Daihatsu serta Toyota akan bisa saling memanfaatkan keberadaan pasar di wilayah yang dianggap emerging market dan sudah dimasuki keduanya untuk tujuan efisiensi, pengembangan sampai produksi. Disini peran Daihatsu akan lebih dominan.

Menyatunya Daihatsu dengan Toyota diharapkan bakal meningkatkan kekuatan bersama di pasar global.

“Saya yakin kerjasama dengan Toyota akan jauh lebih kokoh lagi, bisa lebih menjamin potensi pertumbuhan bagi Daihatsu sekaligus menaikkan standar merek ini ke jenjang yang ebih tinggi di pasar global,” ungkap Masanori Mitsui, President DMC.

Tahun 2014 Daihatsu menjual 1,1 juta unit mobil baru, 689 ribu unit hasil penjualan dari pasar Jepang sendiri. 

"Kesepakatan ini akan mengakhiri kesan berjalan sendiri-sendiri untuk kemudian saling memperbesar keterkaitan di berbagai hal yang berkenaan dengan kekuatan yang sudah kami miliki sebelumnya,” pungkas Akio Toyoda, President TMC.

Baca: Daihatsu Diakuisi Total Oleh Toyota

Kei car Daihatsu menguasai penjualan mobil baru di Jepang

Editor : erie

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa