Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Terkait LCEP, Gaikindo & Kemenperin Sudah Bicara Serius

Arief Aszhari - Rabu, 3 Februari 2016 | 17:10 WIB

Jakarta- Setelah sukses dengan mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC), dalam roadmap industri otomotif Tanah Air juga ada program sejenis, yaitu Low Carbon Emissin Program (LCEP).

Menurut regulasi yang berlaku (PP No 41 Tahun 2013) semua merek bisa mengikuti program LCE dan menikmati diskon Pajak Penambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM) 25 persen bagi kendaraan bermotor yang menggunakan teknologi terkini, baik mesin bensin atau diesel, mesin berbahan gas dan bensin, gas yang telah dilengkapi konverter kit, mesin berbahan nabati (biofuel), hibrida, dan mesin khusus.

Dalam peta industri, mobil yang telah menggunakan teknologi tersebut dan menghasilkan emisi karbon rendah dengan konsumsi BBM di atas takaran 1:20 dan 1:28 ini bisa muncul tahun ini.

"Itu belum, saat ini sedang dibahas. Gaikindo dengan intens sedang mengadakan pembicaraan dengan Kementerian Perindustrian untuk LCEP ke depannya seperti apa, di luar LCGC sudah ada tapi yang lain masih dalam pembahasan," ujar Ketua Umum Gaikindo, Sudirman Maman Rusdi, di Menteng, Jakpus.

Lebih lanjut pria berkacamata ini menjelaskan, untuk saat ini roadmap yang memuat peraturan LCEP ini memang bisa saja berubah ketika melihat kondisi dan situasi ekonomi seperti saat ini dan terlebih pasar otomotif tahun lalu yang mengalami penurunan yang cukup signifikan.

"Pak Putu (Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Kementerian Perindustrian RI) akan membentuk tim yang terdiri dari Kemenperin, Gaikindo, dan Akademisi akan duduk sama-sama untuk merumuskan apa yang terbaik untuk Indonesia. Program LCEP seperti apa ke depannya, kan tidak hanya jangka pendek mungkin akan membuat roadmap sampai 2022 lima tahun dari sekarang," tambah Sudirman.

Untuk program ini, diskon pajak juga bisa lebih besar sampai 50 persen jika menggunakan mesin dan teknologi seperti yang sudah ditentukan, dan mampu menghasilkan konsumsi BBM di atas 1:28. (Otomotifnet.com)

Editor : Arief Aszhari

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa