Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tematis MPV Murah 7 Seater: Dua Pilihan Mesin MPV Murah Toyota-Daihatsu

Bagja - Rabu, 3 Februari 2016 | 13:24 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Toyota-Daihatsu punya keuntungan dalam menawarkan usungan mesin untuk MPV murah 7 seater yang kabarnya akan dihadirkan tahun ini juga. Sama sekali belum ada bocoran, termasuk pilihan mesin yang akan disematkan.

Namun, OTOMOTIFNET coba memberikan gambaran mesin apa yang nantinya bakal disematkan untuk calon duet kembar keempat dari Toyota-Daihatsu ini. Kedua merek ini punya keuntungan pilihan mesin yang beragam yang sudah tersedia, hanya tinggal disematkan.

Kalaupun harus masuk regulasi LCGC, dimana terdapat regulasi motor bakar cetus api dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1.200 cc dan konsumsi bahan bakar minyak paling sedikit 20 kilometer per liter atau bahan bakar lain yang setara dengan itu.

Pilihannya, untuk Daihatsu bisa menggunakan mesin Daihatsu Xenia 1.0 liter. Samakah dengan Daihatsu Ayla? Beda! Untuk mengkonversi bobot yang lebih berat karena dimensi yang bertambah, diharapkan teknologi VVT-i pada mesin Xenia bisa membantu pencapaian konsumsi bahan bakar diatas 20 kpl.

Mesin Daihatsu Xenia 1.0 liter VVT-i

Seperti kita tau, mesin Daihatsu Ayla yang berkapasitas 1.0 liter tanpa VVT-i konsumsi bahan bakarnya sudah tembus 20 kpl. Dan untuk MPV 7 seater, penambahan teknologi VVT-i dirasa cukup untuk membantu konsumsi bahan bakarnya memenuhi regulasi LCGC. Pengaturan gas masuk yang sudah diatur komputer, membuat semprotan bahan bakar ke ruang mesin lebih presisi, efeknya konsumsi bisa lebih irit.

Lalu bagaimana dengan Toyota? Bisa pakai mesin 3 NR-FE Toyota Etios yang berkapasitas 1.2 liter. Dengan tenaga 80 dk, tentu sudah cukup untuk sebuah MPV. Mesin ini juga biayanya tidak terlalu mahal karena belum disematkan teknologi VVT-i. Sudah begitu, dibuat lokal di Indonesia.

Itu baru skema menurut OTOMOTIFNET. Namun untuk pilihannya nanti, bisa saja baik Daihatsu atau Toyota menawarkan kedua pilihan mesin tersebut sekaligus, seperti Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza yang punya dua pilihan mesin.

Spesifikasi mesin pilihan pertama:

Tipe            : 3 NR-FE 4 silinder DOHC
Kapasitas    : 1.197cc
Tenaga        : 80 dk pada 5.600 rpm
Torsi           : 10,6 kgm pada 3.100 rpm


Spesifikasi mesin pilihan kedua:

Tipe            : EJ-VE 3 silinder DOHC VVT-i
Kapasitas    : 989cc
Tenaga        : 63 dk pada 5.600 rpm
Torsi            : 9.2 kgm pada 3.600 rpm

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa