Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Solar Murah Berkualitas Bakal Memancing Populasi Mobil Diesel di Indonesia

Bagja - Jumat, 5 Februari 2016 | 14:01 WIB

Jakarta - Mobil SUV memang kadung identik dengan mesin diesel. Namun di pasar global sana, mobil-mobil yang digemari masyarakat Indonesia seperti Honda Mobilio, juga Suzuki Ertiga, bahkan yang berjenis sedan pun tersedia versi mesin diesel. Tapi tak juga hadir di Indonesia. Kenapa?

Kebanyakan para Agen Pemegang Merek disini masih enggan menghadirkan mobil bermesin diesel karena masih meragukan kualitas bahan bakar solar yang tersedia. Mungkin maksudnya bukan solar sekelas Pertamina Dex, tapi solar subsidi yang dianggap sesuai dengan daya beli pengguna mobil kebanyakan.

Honda dan Suzuki merupakan dua pabrikan yang sama sekali belum menghadirkan satu pun mobil bermesin diesel di Indonesia. Bahkan, ketika Direktur Marketing dan Aftersales Service Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy ditanyakan kenapa tidak menghadirkan Honda BR-V bermesin diesel seperti di India, jawabannya melulu; "Masih dipejari, salah satunya terkait dengan harga dan kualitas,". Tak beda dengan Suzuki dan beberapa pabrikan lain.

Sebab, kalau mobilnya hanya Suzuki Ertiga diesel atau Honda BR-V diesel misalnya, siapa yang mau sehari-hari mengandalkan Pertamina Dex yang banderol ecerannya saat ini Rp 9.000 perliter untuk kawasan Jakarta, sementara solar subsidi hanya Rp 5.650 perliter, hampir dua kali lipatnya.

Kecuali bagi para pemilik mobil-mobil diesel premium sekelas BMW dan Mercedes-Benz, mungkin Pertamina Dex sudah wajib dan harga ecerannya sudah bukan lagi masalah bagi kantung mereka. 

Tapi kalau bicara mobil yang digunakan kebanyakan orang Indonesia? Jawabannya masih dilematis. Ragu menggunakan solar subsidi, tapi sesak nafas pakai Pertamina Dex setiap hari.

Sehingga, langkah Pertamina menghadirkan satu varian baru bahan bakar solar yang kita sebut sementara Pertamina Dex-Lite bisa memancing semakin banyak mobil-mobil diesel ke pasar Indonesia. Tidak ada lagi alasan kualitas solar yang masih meragukan, pun dengan harga jual ecerannya yang dianggap masih kemahalan.

Efeknya, semakin banyak pilihan mesin sebuah mobil, semakin bergairah juga pasar mobil di Tanah Air yang dinaggap masih melesu. Untuk memancing pasar agar lebih giat membeli, menyediakan pilihan Suzuki Ertiga bensin dan diesel atau Honda BR-V bensin dan diesel--seperti Toyota Fortuner atau Kijang Innova, membuat kondisi pasar jadi lebih seru dan menggairahkan.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa