Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Membandingkan Toyota Innova Crysta dengan All New Kijang Innova

Bagja - Selasa, 9 Februari 2016 | 08:51 WIB
No caption
No credit
No caption

New Delhi - Toyota Kirloskar Motor (APM Toyota di India) baru saja memamerkan Innova Crysta di Delhi Auto Expo 2016 sebagai generasi kedua Toyota Innova.

Meski sama-sama menggunakan TNGA (Toyota New Global Architecture) seperti All New Kijang Innova di Indonesia, Innova Crysta memiliki varian 2.8 Z yang diposisikan sebagai flagship.

Nah, apa saja sih bedanya Innova Crysta 2.8 Z dengan All New Kijang Innova 2.4 Q yang menjadi varian tertinggi di Indonesia?

Pertama dan terjelas, emblem di belakang 2.8 Z yang menandakam mesin yang dipakai bukan mesin diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc seperti pada All New Kijang Innova diesel di Indonesia, tetapi sudah mengusung 1GD-FTV dengan kapasitas lebih besar 2.755 cc yang dipakai Fortuner generasi kedua dan Hilux generasi kedelapan di Australia.

Mesin 1GD-FTV punya kapaitas hampir 2.800 cc dengan total tenaga 177 dk dan torsi 450 Nm

Otomatis, output tenaga dan torsi pun lebih besar dibanding All New Kijang Innova di Indonesia. Tenaga maksimum mesin 1GD mencapai 177 dk di 3.400 rpm, sedangkan 2GD 149 dk di 3.400 rpm. Torsi maksimum pun tembus 450 Nm pada rentang 1.400-2.600 rpm, dimana torsi pada mesin 2GD terpaut di 400 Nm dalam rentang 1.600-2.000 rpm. Rasio kompresi sama pada 15,6:1. 

Keduanya juga dipasangkan pada transmisi otomatis baru 6-percepatan berteknologi Sport Sequential Shiftmatic dengan mode berkendara ECO dan PWR Mode.

Perbedaan hampir tidak terlihat di segi eksterior. Lampu LED dengan proyektor yang digunakan di All New Kijang Innova 2.4 Q di Indonesia juga digunakan, begitu pula pelek 17 inci dengan motif yang sama. Perubahan minor terlihat di cover spion Innova Crysta yang menggunakan warna lebih gelap dibanding warna bodi, sedangkan versi Indonesia tetap sewarna bodi.

Khusus varian 2.8 Z dilapis jok kulit coklat dengan pengaturan elektrik 8 arah untuk pengemudi

Masuk ke kabin, langsung terlihat pengaturan jok pengemudi Innova Crysta bukan berupa tuas, namun berupa tombol sehingga pengaturannya elektrik 8 arah tanpa lumbar.

Begitu juga pelapis jok Innova Crysta yang sudah mengaplikasikan bahan kulit berwarna coklat, berbeda dengan bahan premium fabric pada All New Kijang Innova 2.4 Q. 

Head Unit yang digunakan berbeda, layar sentuh versi Innova Crysta 2.8 Z India hanya berukuran 7 inci sedangkan milik All New Kijang Innova 2.4 Q Indonesia 8 inci. Kami rasa, kemampuan yang ditawarkan pun berbeda karena milik Innova Indonesia sudah dilengkapi berbagai opsi advanced seperti DLNA, Miracast dan Air Gesture.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa