Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Yamaha YZF-R25, Semangat dari Papua

Otomotifnet - Selasa, 16 Februari 2016 | 20:59 WIB

Agar pengorbananya tidak sia–sia dan mampu tampil kompetitif, Yamaha YZF-R25 iliknya dibikin kencang.

Jakarta - Semangat Awaluddin Yusuf untuk balap di sirkuit Sentul, Bogor tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimanatidak, pria yang akrab disapa Awal inirela bolak–balik Papua-Sentul hanya untukmengikuti event Yamaha Sunday Race dan funrace lainnya. Agar pengorbananya tidak sia–sia dan mamputampil kompetitif, Yamaha YZF-R25 miliknya dibikin kencang oleh Arlema Motor. Hasilnya,lap timing di Sentul tembus 1 menit 49 detik dan sempat beberapa kali naik podium di ajang funrace. Yuk kita lihat ubahannya!.• (otomotifnet.com)

Kopling
Menghindari selip, satu set rumah kopling kaki 6 dikawinkan dengan perkopling keluaran B’Pro yangmempunyai karakterlebih keras. “Jadi lebih responsif karena enggak selip lagi,” lanjut priaberambut kriwil ini. Kepala Silinder mengcustom noken as menyesuaikan dengan karakter sirkuit Sentul yang banyak bermaindi rpm putaran atas.

“Durasinya dibuat 234˚, profilnya rahasia dapur ya. Yang pasti powerdiarahkan untuk keluar pada rpm atas,” ujarnya. Efeknya, rider harus jago gantung rpm dan rolling speed. Selanjutnya porting-polishdilakukan tanpa memapas head, sehingga kompresi tidak tinggi dan tetap awet untukgas pol di sirkuit meski masih mengandalkan radiator standar.

Fuel Control
Untuk memanipulasi ECU standar agar menyemburkan bensin lebih banyak dan melakukan seting ulang, Aris yang mengidolakan Marco Simoncelli ini memasang piggyback Dynojet Power Commander V (PCV) yang diteruskan dengan koil USR. “Airfuel ratio (AFR) dipatok stabil pada12,8:1 agar suhu mesin juga tidak over,” yakinnya.

Throttle body
Standarnya diameter dalam throttle body Yamaha YZF-R25 adalah 32 mm,agar lebih plong direamer menjadi33,8 mm. Ditambah velocity stackuntuk membuat kabut bahan bakarlebih fokus. Menariknya, injector masih standar, masih mampu lho!

Hasil DynoTest
Untuk melihat kenaikan powernya,OTOMOTIF langsung bawa motor ini naik ke dynamometer Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport di Jl. Tenggiri, Jaktim. Power standar YZF-R25 29,43 dk @ 12.100 rpm dan torsi 19,2Nm @ 10.200 rpm naik jadi 34,93 dk @ 14.100 rpm dan torsi20,84 Nm @ 11.000 rpm. Tenaga puncaknya meningkat 5,5dk. Lumayan kan!

Arlema : 087889247128
Sportisi Motorsport : 021-47862148

Data Test             Power                                   Torsi
Standar                29,43 dk @ 12.100 rpm   19,2 Nm @ 10.200 rpm
Upgrade              34,93 dk @ 14.100 rpm   20,84 Nm @ 11.000 rpm

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa