Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tahun 2020, Pabrikan Jepang Cuma Ada 3?

erie - Sabtu, 13 Februari 2016 | 09:52 WIB

Jakarta- Gelombang wacana penggabungan pabrikan nampaknya semakin menguat saja.

Sebelumnya diberitakan kalau bos FCA (Fiat Chrysler Automobiles), Sergio Marchionne, sedang berupaya keras untuk bisa mewujudkan merger antara FCA dan General Motors.   

Dan seperti diberitakan oleh Bloomberg jelang akhir pekan ini (11/2), pada tahun 2020 pabrikan mobil di Jepang juga bakal bisa jadi hanya ada 3 nama saja.

“Kalau cuma ada satu atau dua produsen di satu negara, ini bukan hanya akan menciptakan persaingan yang alami, tetapi juga memperkuat faktor kompetitif mereka sendiri,” sebagaimana disebutkan oleh Takaki Nakanishi dari Jefferis Group LLC, perusahaan investasi.

Hal itu ditegaskan bahwa pabrikan Jepang seperti Mazda, Mitsubishi, atau Suzuki harus berupaya keras untuk bisa eksis di pasar global jika ingin bertahan.

Opsi diakuisi oleh pabrikan yang lebih besar akan membuat satu pabrikan yang lebih kecil tetap bisa menjaga nilai kompetensi mereka.  

Nakanishi-san melihat hal itu dari informasi yang diperolehnya, setelah mengakuisisi total Daihatsu ternyata Toyota melirik Suzuki.

Dan ternyata Toyota memang sudah memegang 5 persen saham Suzuki.

“Semakin menigkatnya biaya produksi ditambah regulasi soal emisi yang semakin ketat membuat pabrikan yang lebih kecil berpotensi mengalami pelemahan kinerja.

 

Editor : erie

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa