Modifikasi Honda Civic Estilo 1995, dari Aftermarket ke JDM OEM

Kamis, 17 Maret 2016 | 17:17 WIB

Setelah bosan bermain-main dengan Toyota MR-S yang pernah nongol di OTOMOTIF tahun lalu. Kini Felix Hendarlyn berpaling ke lain hati

Jakarta - Pilihannya jatuh pada Honda Civic Estilo 1995, hatchback yang legendaris, tak hanya di Indonesia namun juga mancanegara. Tingkat kesulitan modifikasi pun berbeda dengan roadster keluaran Toyota yang kini sudah dijual oleh pemuda 24 tahun ini. “Kalau dulu kan lebih bermain JDM aftermarket. Kali ini gue coba mix dengan JDM OEM (Original Equipment Manufacturer),” ujar pehobi olahraga golf ini.

Proses terumit justru terletak hunting barang-barang JDM OEM Civic EG6. Selain rumit, tentunya mengumpulkan barang-barang standar pabrik Jepang ini juga cukup mahal. Hunting parts JDM dilakoninya lewat forum-forum Honda ataupun eBay. Sesekali jika bepergian ke luar negeri diusahakan mencari parts buat proyek Estilo. Tampilan eksterior sengaja dibuat minimalis. Paling eye catching terlihat wing yang desainnya agak nyeleneh.

Kalau biasa Estilo paling banyak menggunakan wing model Spoon Sports, kali ini Felix ingin tampil beda. “Pilihannya ada J’s Racing dan Back Yard Special. Tapi J’s Racing dipikir pikir terlalu ekstrem soalnya model GT wing,” ujar salah satu anggota komunitas Connection ini. Urusan kaki-kaki mutlak di-upgrade.

Lucu dong kalau masih cingkrang dengan pelek dan ban ukuran standar. Maka dari itu keempat pelek bawaan pabrik digusur dengan lansiran SSR Type F, diameter 16 inci dengan lebar 7,5 inci. Untuk merendahkan ground clearance dipilihlah coilover keluaran Koni. • (otomotifnet.com)

Plus:
- Ubahan simpel tapi enak dilihat dan tidak cepat bosan

Minus:
- Upgrade sektor mesin terlalu minim

Data Modifikasi

Mesin

Editor : Otomotifnet

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA